A Great Grooming

SERVICE EXCELLENCE & GROOMING, Banyak hal menarik bahkan penting dalam pembahasan Service Excellence & Grooming ini, salah satunya untuk Pekerja / Karyawan ataupun Pengusaha. Saya sendiri belajar Service Excellence & Grooming ini sejak saya masuk kuliah dibidang jasa yaitu perhotelan. Mungkin teman-teman sudah ada yang mengetahui apa itu Service Excellence maupun Grooming, tapi yang belum tau tenang saja saya akan bahas apa itu pengertian Service Excellece & Grooming.

Apasih Service Excellence itu?
Adalah pelayanan yang berkualitas tinggi sebagai usaha untuk mencapai kepuasan pelanggan atau pelayanan yang merupakan faktor kunci dalam keberhasilan perusahaan.
Bukan hanya tentang kepuasan pelanggan saja, tapi kita pun harus ber-ramah tamah saat bertemu pelanggan / customer. Contohnya “Senyum” perlu kita ketahui bahwa saat bertemu seseorang yang baru, 5 detik pertama adalah kesan yang tidak terlupakan. So, saat bertemu seseorang yang baru diharuskan kita tersenyum, agar terkesan bahwa kita adalah orang yang ramah dan orang lain senang bertemu dengan kita. Tapi sebaliknya, jikalau kita Jutek / Judes saat bertemu seseorang yang baru, justru akan membuat orang lain merasa enggan bertemu atau kenal dengan kita.
Jadi, berilah kesan yang baik pada seseorang yang baru.
Penampilan, ini juga menjadi faktor dalam Service Excellence. Kenapa? Karena, penampilan yang baik dan sesuai standar akan memberi citra bagi diri kita sendiri maupun perusahaan. Selain itu juga ada Sikap, Kenapa? Karena, dengan sikap yang baik dalam melayani pelanggan / customer, mereka akan merasa senang ketika diperhatikan. Selain faktor ada juga aspek dalam Service Excellence, yaitu: Aspek komunikasi, Aspek product knowledge (Kemampuan dalam mangetahui produk), dan Aspek menarik perhatian pelanggan dengan sikap yang baik dan empathy.

Next, yang kedua adalah GROOMING.
Grooming itu apa sih?
Grooming itu adalah Penampilan diri. Dan pengertian lengkapnya adalah,
Grooming adalah memoles diri dengan memperhatikan detil-detil penampilan tubuh dari ujung rambut hingga ujung kaki.

Grooming itu penting banget guys,
Seperti yang dibahas sebelumnya di Servce Excellence tentang penampilan. Seseorang ketika pertama kali bertemu dengan seseorang pasti yang pertama dinilai adalah penampilan. Jika penampilan rapi dan bersih, sudah pasti dinilai bagus. Tapi jika penampilan tidak rapi, sudah pasti kita dinilai tidak disiplin.

Nah, saya punya tips nih untuk teman-teman agar terlihat Excellence & Good on Grooming. Yukkk disimak..

TIPS TO LOOK PROFESSIONAL
• Berpakaian dengan baik
• Berpenampilan rapi
• Percaya diri
• Berpihaklah pada orang yang baik
• Berbicara perlahan dan jelas
• Membangun hubungan yang baik dengan pihak lain

 

Author : Jimmy Ruben – Aslab Perhotelan 2017

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>