IDM Alternative for Linux ?

Laboratorium FIT – IDM Alternative for Linux ?. Sebelumnya temen-temen pasti sudah sangat familiar sekali dengan Internet Download Manager (IDM). Ya, aplikasi yang bisa memaksimalkan koneksi internet untuk mempercepat proses download. IDM tidak gratis dan bukan aplikasi open source. Ya meskipun demikian temen-temen masih bisa menggunakan aplikasi tersebut dalam masa trial. Jika temen-temen mau pake aplikasi tersebut secara “legal” dan selamanya, temen-temen harus beli lisensinya. Sampai sejauh ini IDM hanya tersedia pada sistem operasi windows. Lalu bagaimana dengan sistem operasi lainnya seperti halnya linux ?. Nah dalam postingan kali ini saya akan membahas mengenai IDM alternative untuk sistem operasi linux.

Aplikasi download manager untuk linux dapat dengan mudahnya kita temukan di internet. Bagi temen-temen yang masih bingung mau menggunakan aplikasi yang mana, nah saya akan mencoba membahas satu aplikasi yang menurut saya hampir mirip fungsionalitasnya dengan idm.

XDM (Extreme Download Manager)

XDM atau Extreme Download Manager merupakan aplikasi open source yang dapat kita install di semua sistem operasi. ya, XDM tidak hanya tersedia disistem operasi linux saja, seluruh sistem operasi dapat menginstall XDM. Selain itu hal lain yang menarik dari aplikasi ini yaitu aplikasi ini open source dengan kata lain “gratis”. Temen-temen tidak perlu memikirkan masalah lisensi dan legalitas dari aplikasi XDM. kemudian masalah performancenya bagaimana ? hmm, mending sekarang kita coba install dulu aplikasinya ya. let’s go !!

Proses installasi XDM dapat dilakukan dalam tiga cara, yang pertama melalui package manager, yang kedua menggunakan installer, yang terakhir melalui proses compiling source code. Pada poses instalasi kali ini kita akan melakukan instalasi XDM melalui package manager.

Installation and operation

Tahap pertama, kita akan menambahkan PPA untuk menambahkan aplikasi XDM kedalam list repository yang terdapat dikomputer kita. Buka terminal lalu ketikkkan perintah

$ sudo add-apt-repository ppa:noobslab/apps

Tekan enter, kemudian akan muncul validasi. tekan enter untuk melanjutkan. Ouputnya akan seperti gambar berikut ini.

IDM Alternative for Linux ? - XDM PPA
IDM Alternative for Linux ? – XDM PPA

Setelah itu update repository dengan mengetikkan perintah.

$ sudo apt-get update

Setelah proses update selesai, tahap selanjutnya adalah instalasi XDM dengan mengetikkan perintah berikut ini.

$ sudo apt-get install xdman-downloader

Tunggu hingga proses instalasi selesai, kurang lebih outputnya seperti ini

IDM Alternative for Linux ? - XDM Installation
IDM Alternative for Linux ? – XDM Installation

Setelah proses instalasi selesai. Pada kolom pencarian di daftar menu ketikkan xdm, lalu klik icon xdm. setelah di klik akan muncul permintaan browser integration seperti gambar dibawah ini.

IDM Alternative for Linux ? - XDM Browser Integration
IDM Alternative for Linux ? – XDM Browser Integration

Disini saya menggunakan google crhome, jadi saya memilih Chrome/Opera. apabila kalian menggunakan mozilla silahkan klick icon mozilla firefox. setelah di click akan muncul popup seperti gambar dibawah ini.

IDM Alternative for Linux ? - XDM Browser Integration install
IDM Alternative for Linux ? – XDM Browser Integration install

Klik button copy kemudian paste di web browser. url diatas akan meredirect halaman browser ke halaman webstore. install addons tersebut untuk mengaktifkan browser integration.

Sampai tahap tersebut kita sudah berhasil melakukan proses instalasi XDM. nah sekarang bagaimana performancenya ? mari kita lihat gambar berikut ini

IDM Alternative for Linux ? - XDM Browser Integration performance
IDM Alternative for Linux ? – XDM Browser Integration performance

Performance antara IDM dan XDM menurut saya hampir tidak jauh berbeda. Keduanya dapat memaksimalkan bandwidth untuk memaksimalkan proses download. Tapi apabila kalian belum puas. mmm, saya sarankan lebih baik kalian mencoba untuk menginstallnya secara langsung di laptop atau komputer kalian masing-masing.

Selamat mencoba, semoga bermanfaat 🙂

Aslab: Choerul Umam

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>