Operating System Laboratory adalah sebuah Laboratorium Komputer dibawah Kelompok Keahlian Networking and Embedded System dengan penggunaan sebagai Laboratorium Praktikum dan Laboratorium Riset.

Laboratorium Sistem Operasi (Operating System) merupakan salah satu laboratorium yang terletak di lantai dua gedung selaru Fakultas Ilmu Terapan, Telkom university. Laboratorium dikelola dan dimonitoring secara langsung oleh unit laboratorium fakultas ilmu terapan. Kemudian, dalam rangka untuk melakukan proses monitoring terhadap kualitas perangkat dan layanan yang di berikan oleh unit laboratorium, Ibu Gita Indah Hapsari, S.T., M.T. ditunjuk pembina laboratorium sistem operasi. Secara khusus laboratorium sistem operasi (SISOP) digunakan sebagai tempat pembelajaran bagi mahasiswa, terkait dengan mata kuliah sistem operasi. Laboratorium terdiri dari empat puluh satu perangkat komputer dengan spesifikasi perangkat keras dan terpasang perangkat lunak yang sangat mumpuni untuk mendukung mahasiswa dalam menerapkan setiap materi yang diberikan oleh dosen.

Ruangan laboratorium sistem operasi memiliki fasilitas pendukung seperti proyektor, perangkat jaringan untuk koneksi internet secara wire ataupun wirelesss dengan kecepatan transmisi up to 100Mbps, dua unit pendingin ruangan, dua unit whiteboard, dan satu unit kabinet yang dapat digunakan untuk menyimpan modul praktikum serta toolbox. Setiap fasilitas dan perangkat keras ataupun perangkat lunak yang terdapat di dalam laboratorium, dirawat secara rutin oleh asissten laboratorium yang di rekrut dan bekerja secara professional dibawah komando unit laboratorium.

Selain digunakan secara khusus untuk keperluan praktikum dan pemberian materi oleh dosen. Secara umum fungsi laboratorium sistem operasi dapat digunakan sebagai tempat untuk melakukan riset dan pelaksanaan berbagai event pelatihan ataupun sertifikasi international.

Detail Laboratorium

 Nama Laboratorium Operating System Laboratory
 Lokasi Ruang Ruang A3, Lantai 2 Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom
 Pembina Laboratorium Gita Indah Hapsari, S.T., M.T.
 Laboran Aryadi Saputra, A.Md.T.
 Jumlah Komputer 40 Komputer Praktikan, 1 Komputer Pengajar
Spesifikasi Komputer PC ACER Veriton M4620
Processor Intel Core i5-3330
Memory 4GB
HDD 1TB
ACER Mouse & keybord
18.5″ LED Monitor
Matakuliah Berjalan – Sistem Operasi
– Administrasi Sistem Server
– Keamanan Jaringan
– Pemrograman Untuk Perangkat Bergerak Dasar
– Pemrograman Aplikasi Web
Fasilitas Pendukung Proyektor
Modul Praktikum
Lemari Modul
AC
Jaringan Internet
Maintenance Tools