Mengenal Berbagai Jenis Software Database

Database merupakan sekumpulan data yang tersimpan secara sistematis, dapat diolah dan dimanipulasi di dalam komputer dengan menggunakan aplikasi tertentu sehingga bisa menghasilkan

Untuk mengelola database diperlukan software atau aplikasi yang bertugas untuk mengatur, menyimpan, memodifikasi data yang akan disimpan yang disebut dengan software database engine dan lebih resminya disebut dengan DBMS (Database Management System).

Berikut merupakan beberapa software database:

  1. MySQL

MySQL merupakan sistem manajemen database SQL yang bersifat Open Source dan yang paling populer serta banyak digunakan saat ini. Sistem Database MySQL mendukung beberapa fitur seperti multithreaded, multi-user, dan SQL database managemen sistem (DBMS). Database ini dibuat untuk keperluan sistem database yang cepat, handal dan mudah digunakan.

  1. SQLite

SQLite merupakan database yang berukuran kecil, berdiri sendiri, bukan database client server, tanpa konfigurasi namun mempunyai fitur penuh perintah SQL.

 

  1. Microsoft SQL Server

Microsoft SQL Server merupakan sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa query utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Pada umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basisdata skala besar.

  1. Oracle

Oracle merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat proprietary (komersial) yang dikembangkan oleh Oracle Corporation. Pengolah database ini terbagi dalam beberapa varian dengan segmen dan tujuan penggunaan yang berbeda-beda. Database jenis ini biasanya digunakan oleh perusahaan yang besar karena database ini sangat mahal.

  1. IBM DB2

IBM DB2 merupakan aplikasi pengolah database yang dikembangkan IBM secara proprietary (komersial). DB2 terbagi menjadi 3 varian, yaitu DB2 untuk Linux – Unix – Windows, DB2 untuk z/OS (mainframe), dan DB2 untuk iSeries (OS/400).

  1. PostgreSQL

PostgreSQL merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh PosgreSQL Global Development Group. Tersedia dalam berbagai platform sistem operasi seperti Linux, FreeBSD, Solaris, Windows, dan Mac OS.

  1. MongoDB

MongoDB merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh 10gen. Tersedia untuk berbagai platform sistem operasi dan dikenal telah digunakan oleh situs Foursquare, MTV Networks, dan Craigslist.

  1. WebDNA

WebDNA merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat freeware, dikembangkan oleh WebDNA Software Corporation. Didesain untuk digunakan di web.

  1. Apache Derby

Apache Derby (sebelumnya dikenal sebagai IBM Cloudscape) merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Apache Software Foundation. Lazim digunakan di program Java dan untuk pemrosesan transaksi online.

  1. Firebird

Firebird, merupakan aplikasi pengolah database yang bersifat open source, dikembangkan oleh Firebird Project. Lazim dijalankan di Linux, Windows dan berbagai varian Unix.

 

-Aslab: Laily Dwi Anggaraini-

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>