Perhotelan

Hotel, Perkembangan industri di era globalisasi ini menyebabkan persaingan antar sesama bidang industri seperti industri telekomunikasi, transportasi, perbankan dan perhotelan dimana itu semua masuk dalam industri jasa. Industri-industri tersebut memiliki kelebihannya masing-masing dalam perkembangan dunia namun kali ini yang akan dibahas ialah industri perhotelan dimana menjadi pemasukan (visa) terbesar untuk negara.

Industri perhotelan adalah salah satu industri yang memadukan produk serta layanan. Desain bangunan eksterior dan interior kamar hotel, restoran dan fasilitas lainnya, suasana yang tercipta didalam hotel, kamar, atau restoran serta makanan, minuman dan pelayanan yang dijual beserta keseluruhan fasilitas yang ada merupakan contoh produk yang dijual oleh hotel dan juga sebagai sumber pendapatan. Sedangkan layanan yang dijual oleh hotel adalah keramahtamahan dan keterampilan staff/pegawai hotel dalam melayani tamu. Layanan yang prima merupakan salah satu strategi dalam memberikan kepuasaan pada pelanggan karena kepuasaan pelanggan ialah hal yang penting dalam persaingin bisnis. Banyak hotel berusaha meningkatkan kualitas layanannya untuk memenuhi kepuasaan pelanggannya.

Kualitas layanan sangat erat dengan service performance (kemempuan sesorang dalam pelayanan). Oleh karena itu, hotel memerlukan sumber daya manusia yang terdidik agar mampu mereleasisakan segala sesuatu yang berkenaan dengan service performance. Salah satu institusi pendidikan yang mendidik mahasiswanya agar mampu menyampaikan layanan bagi industri perhotelan adalah Program D3 Perhotelan Telkom University, Bandung yang mempunyai akrdetasi A. Agar lulusan program ini dapat semakin memenuhi kriteria service performance, maka mahasiswa semester V program ini wajib menjalani magang/ On The Job Training (OJT) sebagai trainee selama 6 bulan (1 semester) di berbagai industri perhotelan termasuk restoran. Umumnya mereka magang di hotel berbintang tiga hingga lima atau restoran terkemuka di berbagai departemen yang ada di industri perhotelan sesuai dengan kebutuhan dan peluang yang ada, seperti departemen Food & Beverage, Food Product, Front Office, Room Devision & Housekeeping. Dengan demikian mereka dapat menerapkan apa yang sudah dipelajari di bangku kuliah untuk dipraktekkan secara nyata sehingga diharapkan nantinya mereka menjadi tenaga yang siap pakai setelah lulus kuliah.

Author : Jimmy Ruben – Aslab Perhotelan 2017

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>