Solusi “Error The Archive is either in unknown format or damaged”

Winrar adalah sebuah software yang sangat berguna bagi para pengguna pc jaman sekarang sebagai media untuk menangani dan mengontrol file berkas yang ingin mereka kelola, winrar adalah software pembuat file ber extensions rar. Atau dengan kata lain software compress yang akan memeperkecil ukuran file lalu kemudian file tersebut akan berubah menjadi rar, winrar tersedia di os 32 bit dan 64 bit untuk operating system windows, linux, FreeBSD, DOS dan MacOS.

Pada SO widows winrar terdiri dari 2 versi yaitu :
• Versi grafik user interface: WINRAR EXE
• Versi Command Linw Console(versi text)L: RAR exe.

Winrar juga termasuk software shareware atau gratis yang dibuat oleh Eugene roshal, selain format rar winrar juga bisa meng-compress dan membuka file berextensions zip.
Winrar adalah software yang sangat bisa kamu andalkan untuk mengecilkan ukuran sebuah file, winrar bisa memadatkan berkas hingga 40% jadi file yang telah di compress menggunakan winrar akan berkurang 40% bobotnya, contohnya kamu akan meng-compress file yang ber size 1000 Mb setelah kamu compress ukuran file tadi akan berkurang 40% yaitu menjadi 600Mb, sangat memuaskan bukan kamu bisa menghemat ruang penyimpananmu sampai 40%.

Software ini didistribusikan secara shareware untuk siapapun, tapi ini hanya akan berlaku selama 40 hari untuk masa percobaan.
Kelebihan winrar :
• Dapat mengompress file atau folder menjadi 2 format, yatiu *.RAR atau *.ZIP.
• Dapat membuat Setup Instalasi.
• Dapat diberi password.
• Ukuran file masternya kecil, sehingga mudah dibawa kemana-mana.

Mengalami masalah error “The Archive is either in unknown format or damaged” ketika mengekstrak suatu file winrar? Error tersebut disebabkan oleh beberapa faktor sehingga menyebabkan file winrar tersebut tidak dapat diekstrak maupun dibuka. “The Archive is either in unknown format or damaged” disebabkan antara lain oleh ketidaksesuaian file winrar dengan winrar yang ada maupun filenya itu sendiri. Mau tau solusinya?

Beberapa cara untuk mengatasi “The Archive is either in unknown format or damaged” antara lain:
1. Pastikan file yang di download tidak corrupt atau rusak caranya dengan membandingkan md5 file yang berasal dari server dengan md5 file yang telah di download. Cek md5nya menggunakan software berikut MD5 Hash
MD5 HASH

2. Pastikan menggunakan software winrar terbaru karena file yang dibuat dengan winrar terbaru ada yang tidak kompatibel dengan winrar lama. Download winrar terbaru berikut Winrar 5.5
Winrar 5.5

Nah mudahkan solusinya? silahkan dicoba dan error “The Archive is either in unknown format or damaged” tidak akan terjadi lagi.

Referensi :
http://www.informasi313.com/2015/09/mengatasi-winrar-archive-is-either-in.html
http://www.winmd5.com/
http://winrar.id.downloadastro.com/

Author : Ahmad Tara Pratama – Aslab Teknik 2017

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>