Teknologi Lighting Masa Kini

Pernahkah anda melihat dalam suatu pagelaran entertainment industry betapa menakjubkan dan memuaskan mata anda sebagai penonton dengan tata cahaya yang di suguhkan secara apik dan megah di tambah dengan tata panggung juga tidak kalah memukau. Pernahkah terlintas di benak anada sebagi seorang penonton untuk mengetahui lebih lanjut bagai mana teknologi tata cahaya ini di buat. Jujur sebagai orang awan saya juga sangat takjub dan penasaran mengunakan teknologi tata cahaya apakah yang di gunakan. Berikut merupakan beberapa teknologi lighting entertainment.

Selain gambar diatas tentunya masih banyak sekali teknologi teknologi lighting yang jauh lebih canggih dan bahkan lebih bagus. Dan tentunya teknologi pencahaya di masa akan datang akan lebih jauh dari ini terutama di dunia entertaimnet.

Beralih ke teknologi pencahayaan lain nya di kutip dae GE, ini adalah teknologi cahaya yang saya rasa akan mulai popular dan akan mendukung insfraktruktur teknologi informasi di dunia yaitu Intelligent LED teknologi ini muncunl dengan karakteristik tertentu dan di lengkapi dengan sensor.

Gambar di atas merupakan gambaran produk dari Intelligent LED, Lampu jalanan baru berteknologi “intelligent” LED yang dikombinasikan dengan sensor dan cloud analytics tak lama lagi mampu mewujudkan lingkungan tempat tinggal yang cerdas, efisien dan hemat biaya maupun waktu, saya berpikir teknologi ini sangat ccok untuk di terapkan di kota kota yang akan menerapkan system “smart city” khususnya di kota bandung yang katanya akan segeram menjadi kota “smart city”. Intelligent  Lighting sangat mendukung adanya open innovation dan open protocols, sudah seringkali mereka bekerjasama dengan sejumlah app developer.

Berikut merupakan penganalogian penggunaaan dari Intelligent LED, Suara ledakan peluru menggema di jalanan sebuah kota di malam hari. Para pejalan kaki dan pengendara yang sedang lewat sontak mencari-cari asal suara tersebut, namun sulit sekali untuk dapat melihat ditengah keadaan yang gelap gulita. Lampu jalanan yang berada paling dekat akan otomatis bereaksi. Begitu ia mendengar suara ledakan senjata, secara otomatis lampu akan menyala hingga titik paling terang untuk menyinari lokasi kejadian, merekam sang pelaku dan menghubungi layanan gawat darurat – secara otomatis.

Atau bagaimana dengan layanan gawat darurat medis? Sistem intelligent lighting dapat menjadi pusat infrastruktur perawatan kesehatan, sebagai jaringan yang dapat memberikan informasi secara real- time kepada pengelola-pengelola rumah sakit mengenai lokasi dan status pasien. Hal ini dapat memperbaiki kualitas pelayanan medis dan mempercepat layanan gawat darurat secara signifikan.

Gambar berikut desain penerapan nya dari Intelligent LED

Gambar di atas menunjukan bahwa penerapan nya sangat simple dan bahkan ini kemungkinan akan di kembangkan seperti yang tertera di gambar satunya lagi “Potential Intelligent Opportunities” yaitu parking, traffic flow, cuaca, medis, dll. Demikin merupakan pembahasan mengenai teknologi lighting masakini dan saya rasa akan semakin berkembang untuk dimanfaatkan untuk masa mendatang. Mudah mudahan teknologi Intelligent LED tidak hanya innovator saja tetapi bisa memberika effort lebih untuk memudahkan dan membantu di kehidupan selanjutnya.

 

-Aslab: Irfan Maulana Agung-

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>