Network Analyzer dan Fungsinya

Network Analyzer

 

Network Analyzer merupakan alat ukur yang digunakan untuk mengukur parameter medan jauh dan medan dekat pada antena. Parameter medan dekat sendiri terdiri dari Return Loos, VSWR, Impedansi dan Bandwidth antena. Sedangkan pada medan jauh  terdiri dari Gain, Direktivitas, Pola radiasi dan Polarisasi antena.

Untuk Network Analyzer laboratorium Antenna dan Wireless Communication mampu mengukur medan dekat saja, yaitu:

  • Impedansi

Impedansi antena merupakan nilai tahanan yang timbul apabila sebuah antena dicatu arus listrik. Besaran impedansi menjadi faktor penting dalam performa kinerja sebuah antena.

Ketidaksesuaian impedansi antena dengan saluran transmisi akan mempengaruhi transfer daya yang akan dipancarkan oleh antena.

  • Return Loss

Return loss adalah perbandingan daya yang dipantulkan kembali ke antenna terhadap daya yang ditransmisikan. Daya yang dipantulkan kembali ke antenna bersifat tidak diharapkan karena berpotensi merusak antenna itu sendiri. sehingga diharapkan daya yang masuk seluruhnya bisa dipancarkan. Return loss bisa terjadi karena impedansi saluran transmisi dan antenna belum sesuai (match).

  • VSWR

Voltage Standing Wave Ratio (VSWR) adalah perbandingan antara tegangan maksimum dan minimum pada suatu gelombang berdiri akibat adanya pantulan gelombang yang disebabkan tidak matching-nya impedansi input antena dengan saluran feeder.

  • Bandwidth

Bandwidth menggambarkan rentang frekuensi dimana antena dapat memancarkan dan menerima daya. Dengan kata lain bandwidth merupakan rentang frekuensi dimana antena dapat bekerja dengan baik.

Tahap penggunaan Network Analyzer yaitu:

  • Kalibrasi port NA

Kalibrasi port NA berfungsi untuk mengembalikan pengaturan ke posisi awal tanpa ada pengaturan lain dengan menggunakan port load, open dan short.

 

 

 

 

 

 

  • Setting frekuensi pengukuran antena

 

 

 

 

 

 

 

  • Pengukuran medan dekat antenna

 

Author: Ray P. Tarigan

 

 

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>