Pengenalan IDE (Integrated Development Environment)

Pengenalan IDE (Integrated Development Environment)

IDE singkatan dari Integrated Development Environment merupakan program komputer sebagai lingkungan pengembangan aplikasi atau program komputer yang memiliki beberapa fasilitas yang diperlukan dalam pembangunan perangkat lunak. Tujuan dari IDE adalah untuk menyediakan semua utilitas yang diperlukan dalam membangun perangkat lunak. Menjadi seorang programmer diharuskan untuk mengetahui berbagai IDE untuk pembangunan perangkat lunak.

Nah, buat anda keluarga besar Telkom University yang belajar programming disarankan untuk mengetahui berbagai teknologi IDE yang muncul di masa kini.
Biasanya sebuah IDE, atau secara bebas dapat diterjemahkan sebagai Lingkungan Pengembangan Terpadu, setidaknya memiliki fasilitas:

  • Editor, fasilitas ini gunanya untuk menuliskan kode atau fungsi-fungsi yang dapat diterjemahkan oleh mesin komputer sebagai kode programming.
  • Compiler, gunanya untuk menjalankan bentuk kode program yang di tuliskan di Editor dan mengubah dalam bentuk binary yang kemudian ditampilkan sesuai perintah-perintah kode mesin.
  • Debuger, gunanya untuk mengecek dan mengetes jalannya kode program untuk mencari/mendebug kesalahan dari program.
  • Frame/Views, fasilitias ini gunanya untuk menujukan atau menampilkan hasil dari perintah-perintah kode program yang dieksekusikan oleh Compiler dari Editor.

Ada beberapa IDE atau Lingkungan Pengembangan Terpadu yang saat ini sangat populer dan sangat mendukung developer untuk mengembangkan perangkat lunak untuk beberapa platform (iOs Apps, Android Apps, Desktop Apps, Web Apps). Namun, tidak semua IDE di atas mendukung semua platform yang disebut.

Berikut beberapa IDE yang lagi-lagi digunakan oleh Developer.

  1. Netbeans IDE
  2. Intelijs IDE
  3. Reactjs
  4. Nodejs, dan masih banyak lagi.

 

Grafik Perbandingan

Berikut Penjelasan dari masing-masing ke-IDE di atas :

NetBeans IDE Merupakan suatu lingkungan pengembangan terpadu untuk perangkat lunak yang memiliki beberapa bahasa pemrograman yang dapat didukung dari beberapa platform seperti Desktop Apps, Web App. Namun, IDE ini belum memiliki atau didukung oleh iOs Platform dan Androidpada versi windows. Biasanya programmer develop aplikasi untuk setiap platform secara terpisa. Maksudnya, tidak dapat diintegrasikan ke-3 platform yang disebut di atas.

 

Intelljs IDE, sama definisinya dengan Netbeans yang didukung oleh Android Platform, Desktop, Web. IDE ini mampu mengintegrasikan 3 platform yang didukungnya dalam satu pengembangan suatu perangkat lunak.

 

React.js, Teknologi ini sudah memiliki kemampuan yang dapat didukung oleh ke-4 platform yaitu iOs platform, Android platform, Desktop, dan Web platform. React.js mampu mengintegrasikan 4 platform ini dalam sekali pengembangan dan dapat menggunakan satu Database server oleh ke-4 platform tersebut. Bagaimana bisa menggunakan satu server database? Sedangkan Android Platform dan iOs Platform tidak dapat menggunakan Database Server. Untuk anda Developer, saya sarankan untuk menggali lebih mengenai IDE ini, agar lebih fleksibel membangun sebuah perangkat lunak dengan menggunakan React.js ini. Ada sedikit clue tetang bagaimana ke-4  platform yang dapat diintegrasikan dalam mengakses satu server database. Bayangkan, Android dapat mengakses database dari Web Apps melalui JSON, Web Platform dan Desktop Platform dapat menggunakan satu database server, sedangkan iOS? Nah, lebih jelasnya silahkan cari tahu lebih banyak.

Node.js merupakan suatu platform berbasis WEB yang dapat mendukung React.js untuk mengintegrasikan ke-4 platform yang disebut pada React.js. platform ini berfungsi untuk mengembangakan web service sebagai Back End dari Reack.js agar dapat memfasilitasi ke-4 platform untuk mengakses satu server database.

Untuk lebih jelasnya dan platform yang didukung oleh ke-4 IDE yang disebut di atas, anda dapat mencari di berbagai buku fisik IT atau artikel yang menjelaskan khusus untuk setiap IDE di atas.

Sumber : https://id.wikipedia.org/wiki/Integrated

Mario Da Silva

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *