Yuk Cari Tau Telepon, Gerbang Awal Dunia Telekomunikasi!

Pesawat telepon, merupakan teknologi yang paling popular di dunia yang digunakan untuk berkomunikasi jarak jauh dengan membuat sebuah percakapan suara. Dengan alat ini, kita bisa saling terhubung walaupun terpisahkan oleh jarak yang jauh, sehingga terjadilah proses telekomunikasi. Dalam arti lain, bermakna sebagai perpanjangan saluran telepon untuk disambungkan ke bagian tertentu.

Gambar 1.0 Manusia melakukan percakapan via telepon

Umumnya, telepon beroperasi dengan menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon. Awalnya, telepon ditemukan pertama kali oleh Antonio Meucci pada tahun 1871, pada saat itu telepon dapat memungkinkan adanya komunikasi dalam bentuk suara antara dua orang dengan menggunakan perantara kabel. Dimana prosesnya masih menggunakan system analog, yang dilakukan secara manual.

Gambar 1.1 Telepon Kuno Jenis GAA 2472

Dengan mengikuti perkembangan zaman, telepon mengalami perubahan yang signifikan, hingga akhirnya ditemukan teknologi telepon digital. Pada telepon digital terdapat teknologi PSTN (Public Switched Telephone Network). PSTN beroperasi berdasarkan hubungan langsung antara sender dengan receiver yang harus menggunakan kabel tembaga, serat optic, satelit, nirkabel, dan sirkuit mobile wireless. Penggunaan jaringan tersebut melibatkan komponen dasar yaitu telepon, akses jaringan, kantor sentral (CO), batang dan sirkuit khusus , dan peralatan premis pelanggan (CPE).perkembangan PSTN sebagai sistem telepon digital telah meningkatkan kapasitas dan kualitas jaringannya sehingga memungkinkan untuk menggunakan beberapa saluran komunikasi dalam sebuah medium pertukaran.

Gambar 1.2 Arsitektur Jaringan PSTN

Setelah semakin berkembanganya teknologi PSTN, manusia tanpa hentinya selalu memberikan hal baru dalam bidang teknologi. Khususnya pada teknologi telepon. Semakin maraknya penggunaan computer pada masyarakat, muncul internet yang menjadi primadona bagi seluruh masyarakat dunia. Dengan internet, dunia menjadi terasa sangat dekat. Kita bisa melakukan explore berbagai macam hal dengan menggunakan media internet. Pada awal kemunculannya, internet digunakan untuk melakukan layanan surat elektronik (e-mail) dan juga web browsing. Perkembangan internet sangat pesat. Hingga pada akhirnya, muncul pemikiran agar dapat menggunakan jaringan internet sebagai media penghantar komunikasi telepon, atau yang saat ini dikenal Voice over Internet Protocol.

Gambar 1.3 Visualisasi Teknologi VoIP

Voice over Internet Protocol (juga disebut VoIP, IP Telephony, Internet telephony atau Digital Phone) adalah teknologi yang memungkinkan percakapan suara jarak jauh melalui media internet. Data suara diubah menjadi kode digital dan dialirkan melalui jaringan yang mengirimkan paket-paket data, dan bukan lewat sirkuit analog telepon biasa. Dengan menggunakan VoIP, kita bisa saling melakukan panggilan dengan bermodalkan koneksi internet, tanpa membutuhkan perangkat pesawat telepon. Kita bisa menggunakan personal computer untuk melakukan panggilan. Saat ini, VoIP secara tidak langsung sudah mulai menggantikan peran dari pesawat telepon konvensional karena lebih mudah dan murah.

Perbandingan Telepon Konvensional dengan VoIP

Parameter Konvensional VoIP
Kualitas Suara Lebih Jernih Kurang Jernih
Biaya Relatif Tinggi Relatif Rendah
Delay Lebih Kecil Lebih Tinggi
Mobilitas Fixed Dapat mobile

Sumber :

“PBx and the PSTN” https://www.ccexpert.us/network-design/pbxs-and-the-pstn.html

“Voice Over Internet Protocol (VoIP)” https://www.fcc.gov/general/voice-over-internet-protocol-voip

“Teknologi VoIP” http://ilmukomputer.org/2013/01/31/teknologi-voip/

 

Author By : Irvan Aulia Rahman | Laboratory Assistant of Telecommunication Networking

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>