Design of Low Costs Antenna Rotator Based on Microcontroller with Autodesk Inventor

Pengukuran merupakan pemberian angka terhadap suatu atribut atau karakteristik tertentu yang dimiliki oleh seseorang, hal, dan objek tertentu menurut aturan atau formulasi yang jelas dan disepakati. Pengukuran antenna (validasi) merupakan proses untuk mengetahui karakteristik suatu antenna yang telah dibuat. Antenna adalah transformator antara gelombang terbimbing dengan gelomang ruang bebas atau sebaliknya. Antenna berfungsi sebagai pemancar atau penerima gelombang radio[1]. Dengan kata lain antenna adalah transisi struktur antara ruang bebas dengan perangkat pemandu, seperti yang ditunjukan pada Gambar 1. Perangkat pemandu atau saluran transmisi dapat menggunakan koaksial atau pipa berongga (waveguide), saluran transmisi digunakan untuk mengangkut energy elektromagnetik dari transisi sumber ke antenna atau dari antenna ke penerima[2].

Gambar 1

Pengukuran antenna bertujuan untuk memvalidasi sebuah antenna hasil realisasi apakah karakteristiknya sesuai dengan rancangan. Dalam proses pembuatan suatu antenna ada tiga langkah penting yang biasanya dilakukan[3] :

  1. Perhitungan Secara Teoritis
  2. Pembuatan (fabrikasi secara mekanis)
  3. Pengukuran (validasi)

Dalam suatu pengukuran antenna, untuk mendapatkan hasil yang akurat maka dibutuhkan alat bantu pengukuran antenna. Dalam pengukuran antenna alat yang dibutuhkan adalah suatu alat yang dapat membantu suatu antenna berotasi secara horizontal dan vertical. Rotator antenna merukapan alat yang digunakan untuk membantu merubah orientasi arah antenna secara vertical maupun horizontal. Hampir semua rotator antenna memiliki dua bagian yaitu unit rotator dan pengontrol. Pengontrol biasanya di tempatkan didekat peralatan yang terhubung dengan antenna, sedangkan pengontrol diletakan di bawah antenna[4].

Perancangan desain rotator antena dilakukan menggunakan software Autodesk Inventor, rotator antena yang dirancang akan mampu menyangga suatu antena dan mampu memutar antena tersebut secara azimuth dan elevasi. Perancangan dibagi menjadi 3 bagian :

  1. Perancangan Rotator ( Struktur dan Dimensi)
  2. Perancangan Kontrol Rotator

Perancangan Rotator (Struktur dan Dimensi) menggunakan autodeks inventor. Gambar 2 merupakan tampilan aplikasi yang digunakan untuk mendesain bagian-baigan rotator antena.

Gambar 2
Desain Penyangga Bawah Rotator Antena
Desain Penyangga Dudukan Servo 0º-180º
Desain Penyangga Dudukan Servo 180º-360º
Desain Penyangga Dudukan Servo Vertikal 360º
Desain Penyangga Dudukan Polaradiasi 360º
Desain Perancangan Kontrol Rotator
Hasil Perancangan Rotator Antena
Hasil Perancangan Remote Kontrol Rotator Antena

Desain dan perancangan bentuk maupun dimensi merupakan hasil rancangan sendiri dengan mengacu pada fleksibilitas pergerakan yang diinginkan.

 

Referensi :

  • [1]. Balanis, C. A. 2008. Modern Antenna Canada. John Willley & Sons, Inc.
  • [2]. John Wiley & Sons, Inc. 2005. Antenna Theory: Analysis Design, Third Edition, by Constantine A. Balanis.
  • [3]. Alaydrus, mudrik. 2011. Antenna Prinsip & Aplikasi.Yogyakarta: Graha Ilmu.
  • [4]. Permadi, Diki. 2013. Design Antenna Rotator Based on Microcontroller to Know the Value of Elevation and Azimuth with Addition Microstrip Probe Feed Antenna 2,4 GHz. Bandung : Institut Teknologi Telkom

 

By : Aditama Nugraha – Engineering Assistant

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>