FTTH (Fiber To The Home)

Apa sih itu FTTH , FTTH adalah salah satu pengimplementasian dari teknologi transmisi fiber optik yang biasa disebut juga FTTx dapat mentransmisikan data dengan laju bit yang cepat dan stabil untuk sampai kerumah anda dengan menggunakan media fiber optik, seperti yang biasa kita kenal sekarang dengan Telkom yang lagi booming boomingnya dengan Indihome , layanan dari First Media, dan lainya. Konfigurasi Jaringan Lokal Akses Fiber (JARLOKAF) sama halnya  seperti pada jaringan akses tembaga, dimana terdapat segmen-segmen catuan. Pada jaringan FTTx terdapat catuan kabel feeder, kabel distribusi, kabel drop, serta kabel indoor, dan juga perangkat aktif seperti Optical Line Terminal (OLT) dan ONU/ONT.

FTTx mampu memberikan layanan hingga 2  Gbps lebih. Selain itu teknologi FTTx dapat memberikan layanan triple play, yaitu data, voice, serta video. Berdasarkan letak TKO (Titik Konversi Optik), FTTx dibagi menjadi 4, yaitu Fiber To The Building (FTTB), Fiber To The Zone (FTTZ), Fiber To The Curb (FTTC), Fiber To The Home (FTTH). Secara sederhana  Titik  Konversi Optik (TKO) dapat diartikan sebagai batas akhir kabel optik kearah pelanggan yang berfungsi sebagai lokasi konversi sinyal optik ke sinyal elektrik, dan sebaliknya.

1. Fiber To The Building (FTTB) TKO terletak di dalam gedung (bangunan), biasanya terletak pada ruang telekomunikasi bangunan tersebut (basement). Terminal pelanggan dihubungkan dengan TKO melalui kabel tembaga indoor. FTTB dapat dianalogikan dengan Daerah Catu Langsung (DCL) pada jaringan akses tembaga.

2. Fiber To The Node (FTTN)  TKO terletak disuatu tempat diluar banguan, baik didalam kabinet maupun pada manhole. Terminal pelanggan dihubungkan dengan TKO melalui kabel tembaga hingga beberapa kilometer. FTTZ dapat dianalogikan sebagai pengganti Rumah Kabel (RK) pada jaringan akses tembaga.

3. Fiber To The Curb (FTTC) TKO terletak disuatu tempat diluar bangunan, baik didalam kabinet, diatas tiang maupun manhole. Terminal pelanggan dihubungkan dengan TKO melalui kabel tembaga hingga beberapa ratus meter. FTTC dapat dianalogikan sebagai pengganti Kotak Pembagi (KP) pada jaringan akses tembaga.

4. Fiber To The Home (FTTH) TKO terletak pada rumah pelanggan. Terminal pelanggan dihubungkan dengan TKO melalui kabel tembaga indoor hingga beberapa puluh meter. FTTH dapat dianalogikan sebagai pengganti Terminal Blok (TB) pada jaringan akses tembaga.

Hasil gambar untuk fttx

gambar 1.1 Perbedaan Fttx

Konfigurasi Jaringan Fiber To The Home (FTTH) Pada umumnya konfigurasi jaringan FTTx baik pada jaringan FTTB, FTTZ, FTTC, maupun FTTH sama, hanya saja yang menjadi perbedaan mendasarnya ialah letak Titik Konversi Optik (TKO) pada masing-masing jaringan

Hasil gambar untuk konfigurasi ftth

gambar 1.2 Konfigurasi FTTH

Perangkat Perangkat FTTH

  • Optical Line Terminal (OLT) Optical Line Termination (OLT) merupakan perangkat Active Optical Network (AON) yang terdapat pada sentral office yang berfungsi sebagai antar muka sentral dengan jaringan yang dihubungkan ke satu atau lebih jaringan distribusi optik.
  • Optical Distribution Frame (ODF) Optical Distribution Frame (ODF) merupakan perangkat tempat terminasi awal kabel serat optik. Selain itu juga sebagai tempat peralihan dari kabel outdoor dengan kabel indoor dan sebaliknya.
  • Kabel Feeder ; [SEGMEN A] Merupakan kabel fiber optic yang diterminasi pada Optical Distribution Frame (ODF) dan Optical Distribution Cabinet (ODC) yang berfungsi untuk menyambungan kedua perangkat tersebut.
  • Optical Distribution Cabinet (ODC) ; [SEGMEN A] ODC merupakan suatu perangkat Passive Optical Network (PON) yang diinstalasi di luar sentral, bisa di lapangan (outdoor) maupun di dalam ruangan (indoor). ODC memiliki fungsi sebagai berikut : Sebagai titik terminasi ujung kabel feeder dan pangkal kabel distribusi, Sebagai titik distribusi kabel dari kapasitas besar (feeder) menjadi kabel yang berkapasitas lebih kecil (distribusi),  Tempat pembagi informasi sinyal optik (splitter),  Tempat penyambungan.
  • Kabel Distribusi ; [SEGMEN B] Kabel distribusi sama halnya seperti kabel feeder yang mempunyai fungsi untuk meneruskan informasi sinyal optic mulai dari Optical Distribution Cabinet (ODC) sampai dengan Optical Distribution Point (ODP).
  • Optical Distribution Point (ODP) ; [SEGMEN B] Optical Distribution Point (ODP) merupakan perangkat terminasi akhir kabel distribusi dan terminasi awal penggunaan kabel drop
  • Optical Network Termination (ONT) Optical Network Terminal (ONT) merupakan perangkat di sisi pelanggan yang menyediakan interface baik data, voice, maupun video. Fungsi utama ONT ini adalah menerima trafik dalam format optik dan mengkonversinya menjadi bentuk yang diinginkan, seperti data, voice, dan video.

 

Author : Al Akbar

R&P :AY

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>