Introduction to Tems Investigation

Introduction to Tems Investigation

TEMS InvestigationInvestigation merupakan salah satu jenis TEMS yang digunakan untuk menganalisa hasil dari drive test maupun walk test yang dilakukan oleh TEMS Pocket dengan menggunakan GPS (Global Positioning System) sebagai alat navigasi dan plotting parameter pada rute yang dilalui.

Walk Test adalah pengukuran kualitas sinyal secara real di lapangan, khususnya wilayah yang relatif kecil dan biasanya dilakukan pada kawasan lingkungan indoor , misalnya ; perkantoran, gedung dll. Walk test ini digunakan untuk keperluan optimasi suatu jaringan sehingga dihasilkan kriteria performansi jaringan sesuai dengan yang diharapkan. Ada beberapa hal yang perlu diperhatikan dan diamati yaitu nilai kuat daya pancar,daya terima, tingkat kegagalan akses, tingkat panggilan yang gagal dan blocked call.

Drive test merupakan salah satu cara untuk mengukur kualitas jaringan radio disuatu tempat tertentu. Drive test akan menyajikan hasil tangkapan RF yang akurat pada dunia nyata berdasarkan lingkup jaringan dan kondisi lingkungan tertentu. Keuntungan utama dilakukanya drive test adalah untuk mengukur cakupan jaringan dan performansi sesungguhnya yang dialami pengguna pada saat melakukan rute perjalanan. Drive test biasanya berguna untuk melakukan optimasi pada jaringan.

  1. Berguna untuk menegtahui coverage sebenarnya di lapangan.
  2. Mengetahui parameter suatu jaringan RF
  3. Mengetahui performansi jaringan
  4. Mengetahui ada atau tidaknya poor coverage

Untuk membuka aplikasi TEMS Investigation, maka diperlukan sebuah dongle. Dongle adalah gabungan proteksi antara hardware key (dongle) dan software yang biasanya sudah terintegrasi dengan aplikasi. Software yang terintegrasi dengan TEMS Investigation secara periodik akan memeriksa apakah hardware key tersebut valid atau tidak, jika tidak valid software tidak akan berjalan sempurna. Tujuan dari dongle adalah menggantikan serial number dan hanya komputer yang terpasang dongle yang bisa menggunakan aplikasi tersebut.

Gambar 1 Tampilan TEMS Investigation

Bagian-bagian TEMS Investigation, yaitu :

  1. Workspace

Workspace berfungsi sebagai lembar kerjadimana parameter-paremeter yang perlu ditampilkan ditempatkan disini.

  1. Worksheet

Bagian dari workspace yang berisi halaman kerja yang diperlukan pada saat melakukan drive test atau walk test. Banyaknya worksheet yang dapat ditampilkan pada workspace yaitu hingga 10 worksheet.

  1. Menu bar

Berisi menu-menu utama yang terdapat dalam TEMS. Menu bar yang terdapat dalam TEMS antara lain File, View, Logfile, Scanning, Configuration, Control, Presentation, Worksheet, Window, Help.

  1. Toolbar

Berisi ikon-ikon yang memiliki fungsi tertentu.

  1. Navigator

Navigator berfungsi sebagai pengatur tampilan dan mengkonfigurasikan workspace pada TEMS. Fungsi-fungsi navigator yang ditampilkan antara lain Presentation, Configuration, dan Control.

  1. Status bar

Status bar berisi tentang simbol dan tool-tool yang terhubung pada laptop yang megindikasikan status utama

Gambar 2 Walk Test Pada Tems Investigation

Gambar 3 Pembuatan Skenario Perintah Pada TEMS Investigation

Gambar 4 Drive Test Pada TEMS Investigation

 

 

Nadya P. Yuliani

R&P :AY

1 Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *