Listrik Di Rumah Kalian Sering Jepret (Trip) ? Begini Loh Cara Perbaikinya…

Listrik di rumah sering padam tiba-tiba? setelah diperiksa ternyata MCB nya turun, kenapa bisa ya?

Banyak sekali penyebab yang dapat menyebabkan listrik di rumah padam karena jepret (trip). Umumnya kita ketahui bahwa MCB memang dipasang pda setiap instalasi sebagai pengaman bila terjadi lonjakan arus (Arus Berlebih). MCB jepret (trip) tidak selamanya sudah pasti rusak, karena bisa jadi MCB mendeteksi adanya gangguan di aliran listrik, sehingga MCB tersebut bekerja memutuskan aliran listrik atau biasa kita sebut dengan MCB nya jepret (trip).

Walaupun tak dapat dipungkiri lagi, bisa jadi memang karena MCB yang dipasang memang sudah rusak dan perlu diganti, ada baiknya kita periksa terlebih dahulu apa sebenarnya penyebab MCB sering jepret (trip). Berikut ini cara untuk memeriksanya dan juga cara melakukan perbaikannya.

MCB sering jepret (trip) dapat disebabkan oleh berbagai faktor, diantaranya:

A. Pemakaian alat-alat listrik yang berlebihan

MCB jepret (trip) kebanyakan disebabkan oleh Pemakaian alat listrik yang berlebihan, sehingga melebihi batasan ukuran MCB yang terpasang dirumah.

Cara mengetahuinya:

Saat listrik dirumah Anda padam, karena MCB nya turun (Jepret), Coba Anda hitung berapa total daya (watt) alat-alat listrik yang anda gunakan saat itu, apakah memang sudah melebihi dari batasan maksimal kemampuan MCB yang terpasang dirumah Anda?

Solusinya:

Jika setelah Anda hitung ternyata memang pemakaian daya listrik Anda sudah melebihi dari batasan maksimal daya listrik yang terpasang di rumah Anda, maka solusinya adalah:

  • Gunakan alat-alat listrik dengan lebih bijak dan secara bergantian, jangan nyalakan berbagai alat-alat listrik tersebut secara bersamaan.
  • Atau sebaiknya anda menambah Daya listrik terpasang di rumah Anda, jika sebelumnya daya listrik yang anda gunakan adalah 900 watt, Anda dapat meminta pihak PLN untuk menggantinya menjadi daya listrik 1300 watt.

Namun jika setelah Anda hitung, ternyata pemakaian listrik anda masih belum melebihi batasan maksimal daya listrik yang terpasang, maka kemungkinan MCB trip (Jepret) disebabkan faktor lain.

B. MCB rusak

MCB jepret (trip) juga dapat disebabkan karena MCB dirumah kita sudah rusak atau lemah, sehingga meski penggunaan alat-alat listrik masih normal seperti biasanya, namun MCB masih tetap jepret dan listrik pun padam, maka periksa lah MCB Anda.

Cara mengetahuinya:

Saat listrik di rumah padam, karena MCBnya turun, padahal alat listrik yang Anda gunakan sedikit, coba lah Anda periksa kondisi MCB dirumah Anda, apakah terdapat beberapa kejanggalan, antara lain:

  • Apakah Suhu MCB tersebut panas yang tidak seperti biasanya?
  • Apakah terminal pada MCB tersebut ada yang hitam (gosong) bekas percikan api?
  • Apakah saat dinyalakan kembali, MCB tersebut akan jepret lagi, dan berapa lama waktunya?

Solusinya:

  • Jika sudah dipastikan bahwa alat listrik yang Anda gunakan tidak melebihi, namun MCB tetap trip, dan suhu MCB panas, kemungkinan bahwa kabel pada MCB tersebut longgar atau goyang.
  • Begitu juga jika terdapat bagian pada MCB yang gosong bekas percikan api, ini dikarenakan adanya sambungan atau terminal kabel yang longgar atau goyang. ini merupakan salah satu penyebab percikan api di instalasi listrik.
  • Jika MCB dinaikkan kembali, namun beberapa saat (menit atau jam) kemudian MCB trip, ini menandakan MCB sudah rusak, minta bantuan pihak PLN untuk melakukan perbaikan atau mengganti MCB dengan yang baru.
  • Namun jika saat MCB trip, lalu anda nyalakan kembali, dan MCB tersebut langsung trip, ini menandakan adanya peralatan listrik atau kabel yang korsleting.

C. Adanya peralatan listrik yang rusak (Short circuit)

MCB tiba-tiba jepret (Turun), dapat juga disebabkan karena adanya alat-alat listrik yang kita gunakan sudah rusak, bocor, atau sudah short (Korslet).

Cara mengetahuinya:

  • Cabut colokan seluruh alat listrik yang sedang terpasang di rumah Anda
  • Matikan seluruh lampu dengan menekan saklar ke posisi Off.
  • Lalu nyalakan kembali MCB di rumah Anda, jika MCB listrik menyala dan MCB tidak jepret lagi, berarti masalahnya ada pada salah satu alat listrik yang Anda gunakan.

Solusinya:

  • Pasang atau nyalakan kembali satu persatu alat listrik yang ada dirumah Anda, Jika saat mencolokkan Kipas angin lalu MCB langsung trip, berarti Kipas angin tersebut sudah rusak, atau Jika saat salah satu lampu dinyalakan, MCB tiba-tiba trip, berarti masalahnya ada pada bola lampu tersebut.
  • Segera ganti atau perbaiki alat listrik yang menyebabkan MCB dirumah Anda jepret, ini menandakan bahwa Alat listrik tersebut ada korslet, lembab, bocor dan lainnya.
  • Namun jika saat MCB trip, kemudian seluruh alat listrik dirumah dipadamkan, namun saat MCB dinyalakan kembali langsung jepret lagi, ini menandakan terdapat korsleting atau hubung singkat pada bagian instalasi listrik dirumah Anda.

D. Instalasi listrik Korsleting

MCB dirumah jepret secara tiba-tiba juga dapat disebabkan karena adanya korsleting instalasi listrik, baik pada kabel instalasi listrik, Fitting korslet, atau stop kontak korslet.

Cara mengetahuinya:

  • Saat listrik dirumah padam, karena MCB trip secara tiba-tiba padahal pemakaian daya listrik tidak melebihi.
  • Kemudian cabut seluruh peralatan listrik termasuk lampu-lampu dipadamkan, dan sebagainya.
  • Lalu naikkan MCB, jika saat MCB dinaikkan secara spontan kemudian MCB langsung trip kembali, ini menandakan adanya korsleting pada instalasi listrik di rumah anda.

Solusinya:

  • Jangan mencoba menyalakan kembali MCB tersebut, segera panggil teknisi listrik yang berpengalaman untuk memastikan kondisi instalasi listrik di rumah anda, dan segera melakukan perbaikan.

Korsleting atau Short Circuit (hubungan pendek) adalah kondisi dimana tegangan listrik dari kabel fase dan kabel netral bersentuhan baik secara langsung maupun melalui benda lain yang nilai resistannya kecil, sehingga menyebabkan lonjakan arus yang sangat tinggi.

Referensi:

  1. https://duniaberbagiilmuuntuksemua.blogspot.com/2017/05/beberapa-penyebab-mcb-dirumah-trip-cara-memeriksa-dan-memperbaikinya.html
  2. https://tukanglistrikpulaubatam.blogspot.com/2017/06/panduan-instalasi-listrik-rumah-dari-a-sampai-z.html
  3. https://listrikdirumah.com/skema-sambungan-antar-kabel/

By: Dyan Ahadiansyah – (Electronics & Microelectronics Laboratory Assistant)

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>