Perbedaan Web Designer vs Web Developer

Perbedaan Web Designer vs Web Developer


Web atau website merupakan suatu kumpulan-kumpulan halaman yang menampilkan informasi berupa teks, data, gambar, animasi, suara, video, bahkan gabungan dari semuanya yang bersifat statis atau dinamis yang membentuk suatu rangkaian yang saling berhubungan. Dalam perkembangan web terdapat orang-orang dalam bidang tertentu untuk perkembangan web, termasuk Web Designer dan Web Developer. Namun, sebagian masih bingung apa perbedaan Web Designer dan Web Developer bahkan ada yang menganggap dua pekerjaan ini sama. Pada artikel kali ini akan membahas Perbedaan Web Designer dan Web Developer

Web Designer

Source: https://jasawebdesainindonesia.wordpress.com/

Web Designer merupakan suatu pekerjaan yang berhubungan dengan visual pada suatu halaman web. Web Designer akan menentukan tampilan web mulai dari jenis font yang akan dipakai, penggunaan warna, file multimedia, bahkan konsep desain demi menciptakan user experience yang baik bagi pengunjung web. Seorang Web Designer biasanya membutuhkan software pendukung untuk menunjang aktivitas desain seperti Adobe Photoshop, Adobe Illustrator, Flash Player, dan lain-lain.

Web Developer

Source: https://www.linkedin.com

Berbeda dengan Web Designer, Web Developer merupakan suatu pekerjaan untuk menciptakan suatu aplikasi berbasis web dengan menggunakan bahasa pemrograman tertentu seperti PHP, .NET, Java, Phyton, dan lain-lain. Peran Web Developer adalah sebagai pegubungan dari berbagai sumber yang akan digunakan pada suatu web, yang meliputi penggunaan database, membuat halam menjadi dinamis, bahkan sampai mengatur cara interaksi pengunjung dengan web yang dibuat.

Web Designer VS Web Developer

Source: https://www.computercareers.org/

Pada gambar diatas juga terdapat perbedaan antara Web Designer dan Web Developer. Dalam perbandingan pekerjaan Web Designer hanya fokus terhadap tampilan pada suatu web sedangkan Web Developer fokus terhadap cara kerja suatu web. Dalam pekerjaannya seorang Web Designer lebih menggunakan intuisi, kreativitas, dan imajinasi mereka untuk membuat suatu halaman web sedangkan Web Developer lebih memikirkan logika, cara kerja, dan teknik yang akan digunakan agar web dapat digunakan sesuai fungsinya.

Kesimpulannya kedua profesi ini tidak dapat dipisahkan dan saling support dalam perkembangan suatu web dan ditakdirkan untuk bekerja sama dalam satu tim dimana kedua profesi ini harus sevisi dan sepaham demi web yang akan dibangun.

-BSAPP-

R&P: AY

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *