CARA MEMERIKSA ARDUINO KALIAN BAGUS ATAU RUSAK

       

sumber gambar : robotistan.com

             Arduino sudah tak asing lagi di telinga kita. Perangkat ini sering digunakan sebagai mikrokontroler dan sangat praktis digunakan. Pasti kebanyakan dari kita pasti membeli Arduino secara online. Selain jarang dijual, toko elektronika terdekat memiliki harga relatif mahal dibandingkan harga di toko online. Nah, jika kita membeli di toko online, kita tidak pernah tahu kondisi barang yang kita pesan dijaga dengan hati-hati atau tidak. Seperti kasus beberapa bulan lalu yang sempat hits di media sosial, yaitu salah satu perusahaan jasa pengiriman menyortir barang dengan cara dilempar. Wah, kita sudah tidak tahu lagi bagaimana nasib perangkat elektronik yang dilempar! Maka dari itu, kita perlu memeriksa apakah barang yang sudah diterima dalam kondisi bagus atau tidak. Cara mudah untuk melakukan pemeriksaan Arduino yaitu sebagai berikut:

  1. Memeriksa pin digital, cara memeriksa Arduino rusak atau tidak bisa dilakukan dengan cara memeriksa LED. Caranya gampang sekali! Buka Arduino IDE, lalu pilih File -> Examples -> Basics -> Blink. Setelah itu, lakukan upload program tersebut langsung ke A
  2. Periksa dengan program komunikasi serial. Banyak sekali program untuk komunikasi serial di Examples. Kita dapat mencoba langsung dengan komunikasi antara PC/laptop kita yang mengirimkan data serial atau yang lainnya. Komunikasi serial penting sekali jika sewaktu-waktu kita mau memakai komunikasi dua arah.
  3. Terakhir, kita harus mengetahui apakah pin analognya masih berfungsi atau tidak. Caranya mudah, hanya menggunakan resistor variabel untuk membuat rangkaian pembagi tegangan yang dihubungkan dengan pin analog. Setelah itu akan terbaca nilai arus yang masuk ke Pin Analog Nah, kalau semua ini bisa terbaca, berarti perangkat Arduino kalian masih bagus.

Jika ada salah satu dari langkah-langkah itu ada yang tidak berfungsi, dapat diartikan bahwa Arduino yang kalian beli telah terjadi kerusakan. Kalau powernya saja sudah tidak menyala, berarti alat tersebut sudah tidak baik. Walaupun Arduino jarang rusak, kita tetap harus berjaga-jaga, bukan?

Ditulis oleh Dyan Ahadiansyah – Engineering Assistant

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>