Yuk Kenali Apa itu BAR SECTION

Pada mulanya bar dikenal dengan nama atau sebutan tavern. Bar berasal dari kata barrier yang berarti sesuatu yang menghalangi, yaitu kayu pemisah antara pekerja bar (bartender) dengan tamu. Kayu pemisah atau penghalang tersebut dinamakan counter atau dalam bahasa Indonesia disebut konter. Konter tersebut mempunyai fungsi lain yang dilengkapi dengan kursi tinggi yang disebut bar stools. Bar adalah suatu tempat atau counter yang menyediakan pelayanan makanan dan minuman, baik yang mengandung alkohol maupun yang tidak mengandung alkohol.

Pada mulanya sejarah perkembangan bar ini berasal dari Amerika Utara. Bar mula-mula dikenal oleh masyarakat pada beberapa abad yang silam, kemudian dikenal dan disukai mengingat sifat-sifat serta suasananya yang berbeda daripada yang lain. Pada umumnya, orang-orang sangat senang bertemu di bar, berkumpul, membicarakan sesuatu sambil meminum khususnya minuman keras. Sesuai dengan perkembangan sekarang ini, bar bukan hanya sebagai tempat berkumpul atau sekadar untuk minum-minum, tetapi juga merupakan tempat hiburan, tempat santai setelah seharian kerja, tempat melepaskan dan menghilangkan ketegangan sambil mendengarkan musik baik secara tidak langsung (melalui kaset, compact disc, piringan hitam), maupun secara langsung dari penyanyi, bahkan tamu dapat berdansa di bar tersebut.

Jenis-jenis Bar

  • Public Bar

Bar yang melayani penjualan minuman untuk umum. Bartender dapat langsung berhubungan dengan tamu sambil membuat minuman.

  • Service Bar

Bar yang letaknya berada di belakang berdekatan dengan dapur/kitchen, serta room service suatu hotel, bartender bar ini tidak berhubungan langsung dengan tamu dan bar jenis ini tidak dilengkapi dengan bar stools.

  • Snack Bar

Bar yang hanya menjual makanan besar dan minuman ringan.

  • Mini Bar

Bar yang berada di dalam kamar hotel yang minuman alkoholnya dalam bentuk botol kecil, yang ditata di atas meja yang dilengkapi freezer kecil untuk menyimpan minuman lainnya seperti beer, softdrink sehingga tamu dapat mengambil sendiri.

  • Pool Bar

Bar yang berada di area kolam renang di suatu hotel. Penjualan minumannya tidak lengkap, terbatas pada bir, minuman ringan, jus, koktail, dan juga disediakan beberapa macam snack. Bartender  pada bar ini dibantu oleh satu atau dua orang pelayan. Biasanya, gelas yang digunakan yaitu gelas plastik.

  • Portable Bar

Bar yang dapat dipindah-pindahkan atau dibongkar pasang sesuai dengan kebutuhan. Biasanya bar tersebut berupa counter yang diberi roda atau berupa gabungan dari beberapa meja yang digabung dan diatur sehingga membentuk suatu counter. Portable bar ini biasanya digunakan untuk pesta kecil seperti cocktail party, garden party dan lain-lain.

  • Sanken Bar atau Garden Bar

Bar yang letaknya di luar atau di ruangan terbuka seperti di halaman rumah.

  • Expresso Bar

Bar yang terdapat di pelabuhan-pelabuhan laut dan udara. Bar ini berasal dari Italia dan menjual beberapa minuman di sini justru diletakkan pada penjualan café atau ice cream.

  • Private Bar

Terdapat di rumah-rumah orang “kaya” atau orang-orang berada. Minumannya tidak selengkap di bar. Biasanya terbatas pada koleksi pemilik bar. Pelayanannya langsung ditangani oleh tuan rumah atau tamunya sendiri.

  • Lounge Bar

Bar yang biasanya terdapat di dalam hotel, tempatnya luas dan memanjang. Ruangan bar ini tertutup dan dilayani oleh bartender dan beberapa waiter. Sangat cocok untuk tamu yang ingin relax dan mendengarkan musik sambil menikmati minumannya.

  • Bar dan Restoran

Bar ini biasanya terdapat di kota-kota. Bentuk dan tampilannya seperti restoran. Bar ini terletak di sudut restoran yang dilengkapi dengan hiburan seperti grup pemusik untuk mengiringi tamu-tamu yang sedang makan dan minuman.

Jenis-jenis Minuman

  1. Cocktail (Minuman Beralkohol)

Produk yang ini terbilang sebagai produk best seller yang paling banyak dinikmati oleh tamu yang datang, produk yang ini memiliki berbagai macam variasi baik itu menggunakan produk import ataupun produk local. Berbagai macam minuman yang ada berupa minuman yang dicampur dengan jenis buah-buahan atau cocktail yang lain, contohnya long island ice tea, mojito, rum coke, tequela sunrise, sunset boom, blue lagoon, dan black russian.

  1. Mocktail (Minuman Tidak Beralkohol)

Minuman ini hampir mirip dengan jus, tetapi memiliki berbagai macam campuran baik berupa santan ataupun grenadine. Minuman ini biasanya dipesan oleh tamu yang tidak terlalu menyukai minuman beralkohol seperti tamu dari Asia. Contohnya seperti virgin colada dan lain sebagainya.

  1. Jus

Jus adalah santapan minuman yang paling banyak disarankan oleh ahli kedokteran karena memiliki manfaat yang teruji dari buah-buahan tersebut. Jus ini biasa disajikan pada tamu yang menyantap sarapan pagi karena pada saat tersebut lambung kita dalam keadaan yang tidak terisi oleh makanan lainnya. Jus dapat berupa jus mangga, jus jambu, jus jeruk, jus-jus yang lain. Adapun jus tersebut terdiri dari jus fresh dan juga jus konsentrat yaitu jus yang telah diendapkan.

  1. Soft Drink

Soft drink adalah minuman dingin yang ditawarkan kepada tamu yang berupa bahan campuran dari minuman alkohol berupa rum, tequela dan lain sebagainya. Minuman minuman soft drink ini terdiri dari minuman yang bersoda dan biasa kita konsumsi setiap hari, contohnya  Coca-cola, Sprite, diet coke, soda water dan sebagainya, karena memang soft drink ini sering kita temukan dalam dijual di supermarket dan di minimarket. Semua minuman yang dijual disajikan dalam kondisi dingin.

  1. Bir

Minuman yang satu ini adalah minuman yang paling diincar oleh tamu dari Australia dan tamu dari Eropa karena minuman ini yang dijadikan minuman penghangat badan di daerah tersebut, jika kita di Indonesia biasa minum air dingin sedangkan di negara-negara barat menjadikan bir sebagai minuman penghangat mereka.

  1. Kopi dan Teh

Kopi dan teh memiliki berbagai macam varian seperti lombok kopi, espresso, capuccino, machiato, green tea, chamomile tea, english breakfast tea, dan lain sebagainya.

 

Referensi :

http://www.lomboksociety.web.id/2015/06/jenis-jenis-minuman-yang-menjadi-produk.html

https://id.wikipedia.org/wiki/Bar_(tempat)

Refrensi Gambar

Ditulis oleh Diyaan Rahmawaty–  Laboratory Assistant of  Hospitality

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>