Database Technology Laboratory adalah sebuah Laboratorium Komputer dibawah Kelompok Keahlian Applied Information Systems dengan penggunaan sebagai Laboratorium Praktikum dan Laboratorium Riset.

Adapun yang menjadi fokus dalam Database Technology Laboratory adalah kajian terkait berbagai aplikasi yang berbasiskan pada web disertai dengan penerapan teknologi terbaru mesin basis data dimana  memungkinkan perusahaan untuk dapat mengakses informasi, menjalankan bisnis dan melakukan hubungan dengan para pelanggan dan rekan bisnis setiap saat dan dimana saja melalui Internet. Fokus Kegiatan meliputi integrasi Web atau aplikasi perangkat lunak dengan teknologi msin basis data yang ada seperti Oracle, MySQL dan sebagainya adapun penggunaan teknologi basis data yang tepat berkenaan dengan pengelolan basis data guna memenuhi kebutuhan Organisasi.

Diharapkan dengan adanya Database Technology Laboratory dapat meningkatkan kemampuan dan keterampilan mahasiswa dalam memanfaatkan teknologi basis data untuk mendukung pengembangan system informasi melalui kegiatan praktikum, studi grup maupun riset grup dibawah bimbingan para tim dosen basis data. Selain meningkatkan kompetensi , mahasiswa diharapkan dapat memanfaatkan teknologi basis data untuk mengikuti setiap ajang perlombaan dibidang basis data dan pemrogramannya yang  diselenggarakan baik secara nasional maupun internasional.

Detail Laboratorium

Nama LaboratoriumDatabase Technology Laboratory
Lokasi RuangRuang B3, Lantai 2 Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom
Pembina LaboratoriumHanung Nindito Prasetyo, S.Si., M.T.
LaboranBayu Setya Ajie Perdana P, S.Kom.
Jumlah Komputer40 Komputer Praktikan, 1 Komputer Pengajar
Spesifikasi KomputerPC ACER Veriton M4620
Processor Intel Core i5-3330 3,00 GHz
Memory RAM 16GB
HDD 1TB
Logitech Mouse & keyboard USB 2.0
Monitor 18.5" LED Acer V206HQL
Fasilitas PendukungProyektor
Modul Praktikum
Lemari Modul
Air Conditioner
Jaringan Internet
Maintenance Tools