Kamu Bisa Mengukur Tingkat Kematangan Steak dengan Cara Mudah Ini

Steak dengan tingkat mana yang kamu suka? Sebenarnya ada 2 cara untuk mengetahui kematangan steak, dengan cara mengukur temperatur dengan termometer atau menekan daging steak dengan jari. Namun, pada cara pertama, termometer harus ditancapkan ke dalam daging yang akhirnya membuat lobang di daging tersebut dan bisa menyebabkan jus dari dagingnya terbuang. Oleh karena itu, cara kedua bisa dibilang merupakan cara yang paling tepat untuk menghindari masalah tersebut. Berikut cara mengetahui kematangan steak mengukur tingkat kematangan steak hanya dengan menggunakan jari

  1. Raw

Kita bisa mengetahui bahwa daging masih mentah dengan cara membandingkan teksturnya dengan cara berikut. Buka telapak tangan sepenuhnya dengan keadaan rileks. Kemudian tekan bagian bawah antara ibu jari dan telapak tangan bagian tengah. Pastikan keadaan tangan rileks dan begitulah tekstur daging yang masih mentah.

  1. Rare

Sentuh ujung ibu jari ke ujung jari telunjuk. Bagian bawah antara ibu jari dan telapak tangan bagian tengah akan sedikit membal. Begitulah tekstur dari daging yang dimasak rare. Coba kalian bandingkan dengan tekstur raw dan rare.

  1. Medium Rare

Tingkat kematangan yang paling digemari oleh para koki dengan tekstur yang meleleh di dalam mulut. Secara perlahan tekan ujung ibu jari dengan ujung jari tengah. Begitulah tekstur daging dengan kematangan medium rare.

  1. Medium

Tingkat kematangan yang memberikan sedikit warna merah muda di tengah daging. Teksturnya bisa diketahui dengan cara menekan secara perlahan ujung ibu jari dengan ujung jari manis.

  1. Well Done

Tingkat kematangan yang bisa dibilang menjadi favorit masyarakat Indonesia. Tempelkan secara perlahan ujung ibu jari dengan ujung jari kelingking. Tekstur dari bagian bawah ibu jari akan terasa lebih keras dibandingkan tingkat kematangan lainnya.


Author : Dwi Krisnantyoh Hadi

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>