Kinds Of Connector On Antenna

Jenis Konektor Antena

            Konektor adalah bagian penting dalam pembuatan antena, karena konektor digunakan sebagai interface antara antena itu sendiri dengan sumber daya. Konektor (Connector) dalam Teknik Elektronika adalah suatu komponen Elektro-Mekanikal yang berfungsi untuk menghubungkan satu rangkaian elektronika ke rangkaian elektronika lainnya ataupun untuk menghubungkan suatu perangkat dengan perangkat lainnya seperti antena. Adapun konektor yang sering digunakan dalam pembuatan antena adalah sebagai berikut:

  • Konektor N

Konektor ini sering digunakan untuk antena berdaya rendah dengan frekuensi kerja bekisar 12 GHz.

  • Konektor BNC

Konektor BNC (Bayonet Neill–Concelman) adalah jenis umum RF yang digunakan untuk konektor kabel coaxial. Konektor ini biasa digunakan dalam kabel coaxial untuk televisi, radio, komputer pada topologi tertentu. Konektor BNC bekerja pada frekuensi hingg 4 GHz, biasanya digunakan sebagai port probe.

  • Konektor SMA
  • Konektor ini merupakan konektor RF yang cukukp sering digunakan. Bekerja pada frekuensi hingga 18 GHz. Jenis konektor ini juga sering dikombinasikan dengan konektor lain, misalnya konektor N.
  • Konektor Kombinasi

Biasanya pada alat ataupun beban yang memiliki port konektor yang berbeda maka akan digunakan kombinasi antara kedua jenis konektor tersebut.

 

Author: Ray P. Tarigan

 

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>