Mengenal Toolbox Laboratorium Komputer Beserta Isi dan Fungsinya

Pada saat ini, komputer menjadi salah satu fasilitas penunjang untuk perkuliahan yang sudah menjadi salah satu kebutuhan disebuah universitas. Seperti halnya di Universitas Telkom yang salah satu fakultasnya memiliki banyak laboratorium komputer, yaitu Fakultas Ilmu Terapan.

Seperti hal nya peralatan elektronik lainnya, komputer pun perlu dilakukan perawatan secara berkala dan pastinya akan membutuhkan peralatan bantuan yang akan membatu para Asisten Laboratorium untuk melakukan perawatan pada komputer-komputer. Biasanya peralatan-peralatan tambahan tersebut diletakkan dalam sebuah wadah yang biasa disebut toolbox. Toolbox di laboratorium komputer pasti selalu tersedia di masung-masing ruangan laboratorium.

Lalu, apa saja isi dari toolbox yang wajib ada dan akan membantu proses perawatan komputer?

Mari kita bongkar isi toolbox!

 

1. Toolbox

Toolbox

Toolbox merupakan sebuah wadah yang berfungsi untuk menyimpan berbagai peralatan di dalamnya agar lebih aman dan tertata rapih. Di dalam toolbox juga dibuat beberapa sekat yang berfungsi untuk mengelompokan masing-masing peralatan perawatan agar mudah dijangkau dan sesuai dengan fungsinya.

 

2. Obeng Universal

Obeng Universal

Obeng merupakan sebuah alat bantu untuk membuka atau menutup perangkat elektronik. Pada obeng universal terdapat dua jenis yang dapat digunakan. Yang pertama obeng plus (+) yang berbentuk seperti kembang, fungsinya untuk membuka atau mengencangkan skrup baut yang berbentuk kembang. Yang kedua adalah obeng minus (-) atau biasa disebut juga obeng pipih, fungsinya untuk membuka baut yang berbentuk pipih atau (-). Obeng min juga bisa digunakan untuk mencongkel sesuatu yang sulit dibuka karena bentuknya pipih. Di laboratorium komputer obeng menjadi salah satu alat yang wajib ada karena pada dasarnya komponen komputer pasti memiliki baut untuk menutup perangkatnya.

 

3. Tang Potong

Tang Potong

Tang potong merupakan salah satu jenis tang yang berfungsi untuk memotong logam-logam yang kecil seperti kawat, kabel dan lain sebagainya. Pada bagian rahang dari tang ini memiliki bentuk rahang yang tajam dan runcing. Dalam penggunaan di laboratorium, tang potong dapat digunakan untuk memotong kabel LAN dan kabel listrik saat membuat instalasi jaringan dan listrik.

 

4. Tang Kombinasi

 

Tang Kombinasi

Tang kombinasi (combination pilers) merupakan salah satu jenis tang yang berfungsi untuk menjepit atau memegang perangkat, membengkokkan kawat dan untuk memotong kawat. Tang kombinasi menjadi alat multifungsi, tidak hanya dalam perawatan perangkat komputer, tapi juga biasa digunakan untuk keperluan perkakas lainnya.

 

5. Kuas

Kuas

Kuas merupakan sebuah alat yang digunakan untuk membersihkan komponen peripheral bagian dalam CPU dari debu dan kotoran-kotoran yang jika dibiarkan akan menyebabkan kerusakan pada perangkat. Ada berbagai macam kuas mulai dari yang kecil hingga yang besar, namun biasanya kuas yang digunakan untuk membersihkan perangkat peripheral komputer adalah kuas sedang dan kuas kecil.

 

6. Gelang Anti Static

Gelang Anti Static

Gelang anti static merupakan sebuah alat yang digunakan untuk mencegah terjadinya pengosongan elektrostatik (electrostatic discharge). Pada bagian gelang merupakan tenunan elastis berserat konduktif, biasanya serat tersebut terbuat dari karbon/karet.

Di laboratorium komputer, gelang anti static digunakan saat melakukan perakitan sebuah komputer,disini gelang anti static bermanfaat untuk menetralkan efek listrik statik dari tubuh yang sedang merakit.

 

7. Obeng Set Mini

Obeng Set Mini

Obeng set mini ini merupakan sebuah obeng multifungsi yang memiliki 31 macam bentuk dan ukuran yang kecil yang berguna untuk membuka komponen-komponen PC lainnya dengan baut yang berukuran kecil.

 

8. Thermal Paste

Thermal Paste

Thermal paste  merupakan cairan kental yang memiliki sifat seperti minyak, yang berguna untuk meningkatkan konduktivitas termal antara dua permukaan dengan mengisi celah-celah mikroskopis. Thermal paste berfungsi untuk menyalurkan panas dari processor ke heatsink. Karena permukaan pada processor dan heatsink tidak rata sehingga butuh penghubung supaya panas bisa ditransfer secara maksimal. Apabila thermal paste tidak digunakan,  maka proses transfer panas/heat  dari processor ke HSF menjadi tidak sempurna, akibatnya processor akan menjadi cepat panas dan suhunya akan melambung tinggi sehingga komputer akan mati sendiri.

 

9. Cable Ties

Cable Ties

Cable ties merupakan pengikat serbaguna yang dapat mengikat kabel-kabel listrik maupun kabel dari perangkat komputer yang menjuntai agar rapih dan menghindari kerusakan pada kabel yang terurai.

 

10. Obeng Tespen

Obeng Tespen

Obeng tespen merupakan sebuah obeng dengan jenis obeng min (-) yang berfungsi untuk mengecek ada atau tidaknya arus listrik yang mengalir. Pada obeng tespen biasanya memiliki jepitan seperti pulpen yang dipasangkan di bagian ujung atas pulpen untuk memudahkan dibawa kemana-mana.

Selain untuk mengecek ada tidaknya arus listrik, kerena bentuknya yang min (-), obeng tespen juga dapat digunakan membuka skrup baut min (-)dan mencongkel bagian yang pipih.

 

11. Crimping Tools

Crimping Tools

Crimp tool / Crimping tool merupakan sebuah alat untuk memasang kabel UTP ke konektor RJ-45 / RJ-11. Dalam crimping tool bentuknya macam-macam, ada yang besar dengan fungsi yang banyak. Fungsi-fungsi tersebut diantaranya:

  • Memotong kabel
  • Melepas pembungkus kabel
  • Memasang konektor

Crimping tool wajib ada di dalam toolbox laboratorium komputer karena jika sewaktu-waktu terjadi kerusakan kabel LAN di dalam laboratorium dapat langsung ditangani dengan melakukan penggantian konektor kabel LAN dengan crimping tool.

 

12. RJ45

RJ45

RJ45 adalah konektor kabel Ethernet yang kebanyakan memiliki fungsi sebagai konektor pada topologi jaringan komputer LAN atau pada tipe jaringan yang lainnya. Bentuknya yang kecil cukup rentan terhadap kerusakan. Maka dari itu RJ45 harus selalu tersedia di dalam toolbox yang ada dimasing-masing laboratorium karena sewaktu-waktu jika terjadi kerusakan kabel LAN dapat segera diganti dan diatasi.

 

13. Kanebo

Kanebo

Kanebo merupakan sebuah lap basah yang biasanya digunakan untuk membersihkan bagian luar perangkat PC yang terkena debu. Namun tidak semua perangkat bias dibersihkan dengan lap basah karena berisiko akan terjadi kerusakan perangkat. Kanebo biasa digunakan untuk membersihkan meja untuk komputer-komputer tersebut.

 

14. LAN Tester

LAN Tester

LAN tester adalah alat untuk mengecek koneksi sambungan kabel LAN RJ 45 dan RJ 11. Dilengkapi dengan lampu indikator, tombol pengatur kecepatan pengecekan, serta baterai dan kantong kecil.

Seperti pada fungsinya, LAN tester akan sangat berguna dan dibutuhkan dalam sebuah ruangan laboratorium komputer apabila terjadi gangguan pada jaringan.

 

Demikianlah isi dari toolbox beserta fungsinya yang biasa digunakan di laboratorium komputer.

 

Referensi :

 

By : Laily Dwi Anggaraini – Computer Assistant 2018

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>