Teknologi Kinect

Dunia game kini semakin maju seiring berkembangnya zaman. Biasanya dalam memainkan sebuah game diperlukan joystick maupun keyboard, maka saat ini tanpa alat apapun yang digenggam Anda telah dapat memainkan beberapa game. Teknologi yang digunakan ialah dinamakan Kinect. Untuk beberapa kalangan mungkin tidak asing lagi mendengar teknologi ini. Dengan adanya teknologi ini memberikan pengalaman tersendiri bagi para penggunanya.

Kinect

 

APA ITU KINECT ?

Kinect adalah perangkat input untuk mendeteksi gerakan yang diproduksi oleh Microsoft untuk Video Game XBOX 360 dan PC dengan sistem operasi Windows. Dengan menggunakan kamera yang mirip dengan webcam, memungkinkan  Kinect untuk menangkap gerakan pengguna yang akhirnya pengguna tidak perlu menyentuh secara langsung controller game. Cukup dengan melakukan gerakan-gerakan yang alami.

 

PERKEMBANGAN KINECT

Teknologi Kinect pertama kali diluncurkan di Amerika Utara pada tanggal 4 November 2010, di Eropa pada tanggal 10 November 2010, di Australia, New Zealand dan Singapura pada tanggal 18 November 2010 dan di Jepang pada tanggal 22 November 2010. Terhitung tanggal 29 November 2010 Kinect telah terjual sebanyak 2,5 Juta. Kinect PC berbeda dengan kinect Xbox 360, baik secara hardware maupun software, demikian menurut sumber internal Microsoft. Microsoft mendesain khusus Kinect untuk PC, menyesuaikan dengan karakter pemakaian komputer yang tentu berbeda dengan konsol game Xbox.

Kinect for Xbox 360 atau biasanya disebut Kinect (Dulunya di ketahui untuk Project Natal) adalah “Controller-Free Gaming dan Gaming Experience” yang dibuat oleh Microsoft dan ditetapkan sebagai kontrol untuk Video game platform Xbox 360. Kinect terus bersaing dengan Wii Remote dengan Wii MotionPlus dan PlayStation Move. Dengan menggunakan PlayStation Eye sebagai sistem kontrol gerak untuk Playstation 3, menjadikan Playstation 3 lebih nyaman untuk dimainkan.

Di bidang pendidikan, Microsoft mendemokan pemanfaatan Kinect untuk mendukung edukasi lewat tayangan Sesame Street. Dengan aplikasi Kinect, anak-anak tidak cuma menonton video Sesame Street, namun dapat berinteraksi langsung dengan karakter di layar TV.

 

BAGAIMANA CARA KERJA KINECT?

Skeletal Tracking memungkinkan Kinect untuk mengenali user dan mengikuti pergerakannya. Dengan menggunakan kamera inframerah (IR), Kinect dapat mengenali sampai dengan enam user dalam jangkauan. Dari jumlah tersebut, dua user dapat dikenali hingga detail. Pemanfaatan Skeletal Tracking pada suatu aplikasi dapat memberikan posisi sendi (skeleton joint) dari user yang dikenali dan mengikuti pergerakannya dari waktu ke waktu. Skeletal Tracking dioprimalkan untuk mengenali user yang berdiri ataupun duduk, dan menghadap Kinect.

Kinect SDK menyediakan API (Application Programming Interface) untuk memudahkan mengakses seluruh titik sendi. Dua puluh titik sendi yang dapat diakses dan diidentifikasi sesuai dengan nama sendinya. Alat ini memiliki sebuah kamera RGB, sensor kedalaman dan multi-array michrophone yang dilengkapi software, yang mampu menyajikan pengenalan secara 3D pada seluruh tubuh dan juga kemampuan pengenalan suara. Sensor kedalaman terdiri dari proyektor laser infrared yang dikombinasikan dengan sensor CMOS yang menangkap data video dalam bentuk 3D pada kondisi cahaya ambien. Jarak penginderaan dari sensor kedalaman dapat diatur, dan software Kinect secara otomatis mampu melakukan kalibrasi pada sensor berdasarkan gameplay dan lingkungan fisik pemain, mampu mengakomodasi adanya furnitur atau halangan lainnya.

Skeleton User

Beberapa feature inti dari Microsoft Kinect for Windows meliputi:

  • Kinect Fusion memperkenalkan kemampuan untuk membuat model 3D secara live dan real-time, termasuk di dalamnya model manusia utuh dan juga obyek fisik.
  • Kinect Sencor dapat digerakkan di sekitar obyek untuk melakukan scan dan membangun model 3D tersebut. Hasil scan dapat di-export dan digunakan di aplikasi lain.
  • Kinect Interactions akan memperluas feature gestur gerakan agar dapat dikembangkan lebih lanjut oleh developer. Microsoft sendiri mengakui banyak developer yang menggunakan Kinect sebagai fungsi untuk User Interface

Beberapa game yang telah memanfaatkan teknologi Kinect dalam penggunaannya ialah Motion Sport, Dance Central, Kinect Sport, Your Shape Fitness Evolved, Kinect Adventure dan masih banyak lagi. Selain itu Kinect biasanya digunakan oleh pengguna Xbox sebagai media olahraga. Adanya permainan seperti Kinect Sport, Your Shape Fitness ini membuat penggunanya tidak perlu pergi keluar rumah untuk berolahraga. Dan tentunya ini menjadi point tambah tersendiri bagi Kinect. Selain dibuat dan digunakan untuk bermain, teknologi Kinect juga digunakan dalam dunia Rehab Medik. Harga Kinect sendiri di Indonesia yaitu sekitar Rp 1.200.000,-.

Ilustrasi Penggunaan Kinect

 

Referensi:

  • Agustinus, A. M. (2015). Perancangan dan Implementasi Aplikasi Penerjemah Bahasa Isyarat menjadi Suara Berbasis Kinect menggunakan Metode Hidden Markov Model. 1-2.
  • Kangtanto. (2012, July 5). Cara Kerja Kinect. Retrieved from Desain Web: http://kangtanto.com/technology/cara-kerja-kinect
  • Ayu, T. (2015, April 18). Mengenal Kinect X Box. Retrieved from Web UGM: http://triasayu.web.ugm.ac.id/2015/04/18/mengenal-kinect-x-box/
  • Kinect Interactive Games – Game Development Company. (n.d.). Retrieved from X – TECH Blog: http://x-tech.am/kinect-interactive-games-game-development-company/
  • Yoditanto, T. (n.d.). Kinect. Retrieved from Academia Edu: https://www.academia.edu/9710635/Kinectt
  • File:Xbox-360-Kinect-Standalone. (2011, August 2). Retrieved from Wikimedia Indonesia:
  • https://commons.wikimedia.org/wiki/File:Xbox-360-Kinect-Standalone.png

 

By : Khaeruz Zahra – Computer Assistant

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>