Menghindari Beberapa Kesalahan Umum Saat Membuat PCB Board

Salah satu hal yang sangat menyebalkan dan cukup menyita waktu adalah kesalahan saat membuat board PCB. Beberapa kali saya mengalami hal ini. Ya kesalahan-kesalahan tersebut memerlukan troubleshooting yang bisa cukup lama. Jika saya menyadarinya sejak awal, mungkin kesalahan tersebut tidak terjadi. Seperti misalnya kesalahan pemasangan jalur, kesalahan penempatan komponen, kesalahan penggunaan footprint, dan lain-lain.

 

PERTAMA

Kesalahan yang paling sering terjadi dan berulang-ulang dilakukan adalah pada pembuatan skematik, perhatikan beberapa hal ini untuk menghindarinya :

  • Pastikan pemasangan antar komponen dan wiring-nya sudah menyatu. Sebab, apabila tidak sampai menyatu, akan menyebabkan tidak terbentuknya node sambungan ketika dipindahkan ke dalam layout PCB. Kesalahan ini terlihat sepele, namun banyak yang mengalaminya khususnya para pemula. Kesalahan ini juga lumayan susah untuk dideteksi karena harus men-tracing jalur satu-satu.
  • Perhatikan koneksi antar  pin dan jangan sampai saling tertukar. Umumnya tertukar antara GND dan VCC. Hal ini bisa menyebabkan rusaknya komponen.

Untuk tahap pembuatan layout PCB, perhatikan hal-hal berikut :

  • Karena keterbatasan library footprint pada software Altium, maka biasanya para pengguna membuat library footprint sendiri. Dalam membuat footprint, satu hal yang sangat perlu diperhatikan yaitu memastikan ukuran footprint yang dibuat cocok untuk komponen yang akan dipasang pada PCB. Untuk melakukan penyocokannya, yaitu mengukur dengan teliti jarak kaki dan lebar komponennya. Salah satu hal yang mudah untuk memastikan footprint yang dibuat adalah dengan mencetaknya ke kertas dan memastikan langsung komponen yang dipasang. Hal yang membutuhkan ketelitian dan waktu lama tetapi akan memastikan komponen terpasang sempurna pada PCB.
  • Perhatikan ukuran hole yang dibuat, ukurannya harus sedikit lebih besar sehingga komponen dapat masuk dengan mudah. Terutama bila ada header, karena ada banyak header dengan variasi jarak dan ukuran kaki header yang berbeda-beda.
KEDUA
Kesalahan-kesalahan setelah Board PCB sudah jadi dan pada saat proses penyolderan, meliputi:
  • Jika memesan PCB ke Spectra, Multi Karya, atau tempat lainnya, pastikan keinginan kita sesuai yang dipahami oleh tempat jasa tersebut. Seperti misalnya pemasangan masking, lettering, through hole dan lain sebagainya.
  • Pastikan pemasangan komponen saat disolder pada posisi yang benar, jangat salah tempat atau terbalik polaritasnya (kapasitor, LED, dioda, dll). Cek atau periksa kembali datasheet jika diperlukan untuk melihat referensi pin-nya. Ini biasanya untuk pemasangan transistor, IC atau komponen dengan kaki yang jumlahnya banyak.
  • Cek sambungan (short-circuit test) untuk board PCB setelah selesai disolder. Bersihkan selalu tembaga-tembaga yang menempel di PCB karena penggunaan lotfet. Hal yang paling penting adalah menjaga hubungan power (VCC) selalu terpisah dengan GND. Karena jika tersambung akan muncul arus yang besar dan sudah tentu merusak komponen.
  • Selalu siapkan Attractor (pengangkat timah) untuk mengantisipasi adanya kesalahan saat menyolder.

 

Madin Muhammad

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>