Mengenal Lebih Dekat Laboratorium “Bengkel” Mekatronika

Mengenal Lebih Dekat Laboratorium “Bengkel” Mekatronika

DESKRIPSI LABORATORIUM

Laboratorium Mekatronika

Adalah laboratorium yang menyediakan fasilitas untuk menyalurkan dan mengembangkan softskill maupun hardskilll dalam bidang mekanika, catu daya, dan elektronika dasar. Selain itu, di laboratorium ini juga biasanya dipakai juga untuk pengerjaan berbagai tugas besar dan proyek akhir mahasiswa, khusunya dalam hal yang berkaitan dengan pembuatan casing, penyolderan, pengeboran, dan lain sebagainya.

Pembina :

Dadan Nur Ramadan, S.Pd., M.T.

Lokasi     :

Terletak di daerah kantin Fakultas Ilmu Terapan, tepat di samping ruang catu daya Fakultas Ilmu Terapan.

MATAKULIAH PENGGUNA LABORATORIUM
  1. Mechanical and Electrical

Mempelajari berbagai teori dan teknik mekanik, baik dalam bidang software maupun hardware. Dalam bidang software menggunakan AutoCAD, sedangkan dalam hardware seperti teknik menggunakan perangkat-perangkat mekanik, mulai dari jigsaw, mesin bor, dan lain-lain. Selanjutnya, mahasiswa mempelajari tentang catu daya, disini mahasiswa dikenalkan dengan berbagai macam perangkat catu daya, seperti ACPDB, Genset, dan lain-lain. Dan juga mahasiswa diajarkan cara pemakaian, perawatan, serta melakukan instalasi listrik sederhana menggunakan kwh meter.

 

  1. Piranti Elektronika I

Mempelajari tentang dasar-dasar dari elektronika, mulai dari pengenalan nama dan  fungsi komponen-komponen elektronika, bagaimana membuat berbagai jenis rangkaian elektronika, teknik penyolderan hingga cara men-tracing suatu rangkaian beserta troubleshooting-nya.

 

– Madin Muhammad-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *