Pengenalan VBA (Visual Basic for Applications) pada Macro Excel

Pengertian VBA da VB

VBA yang merupakan singkatan dari Visual Basic for Applications adalah fungsi dari Visual Basic yang ditanamkan dalam suatu peranti lunak. Dalam keluarga Microsoft, VBA adalah merupakan suatu alat yang digunakan untuk mengembangkan program yang dapat mengontrol Excel. Namun berbeda antara VBA dengan VB (Visual Basic). VB adalah bahasa pemrograman yang memungkinkan untuk membangun suatu program executable mandiri.

Banyak sekali kalangan orang yang menggunakan Excel sebagai alat untuk menyelesaikan beberapa tugas yang dilakukan berulang kali dan terus menerus. Berikut adalah beberapa contoh kegunaan umum dari Microsoft Excel yang sering dijumpai:

  1. Mengelola data nilai, mengelola data penggajian, serta mengelola jadwal dan agenda kegiatan.
  2. Mengelola transaksi serta menghasilkan faktur dan mencetak Kwitansi transaksi
  3. Mengelola perkembangan grafik dari data yang disimpan dalam dimensi data pada excel

 

Selain kegunaan Microsoft Excel pada umumnya tersebut, ada kegunaan lain yang mungkin dapat menjadi salah satu alat untuk memenuhi kebutuhan lain dalam menggunakan Excel. Kebutuhan tersebut adalah dalam melakukan otomatisasi beberapa fungsi Excel dengan lebih terkesan mudah dan singkat. VBA pada Macro Excel menjadi penunjang untuk hal tersebut.

Program VBA juga dapat melakukan rekap data ke dalam bentuk laporan yang kemudian dapat dicetak kedalam bentuk hardfile. Semua dalam VBA ini dapat dilakukan dengan hanya dalam beberapa langkah mudah dan menghemat waktu, dimana sebelumnya telah dirangkum dalam satu perintah.

Adapun terdapat beberapa diskripsi fungsi VBA dalam Macro Excel.

  1. Memasukkan text string dalam satu perintah

Makro excel dapat melakukan pengetikan untuk memasukkan beberapa data kedalam worksheet secara sekaligus. Hal ini lebih condong untuk penggunaan excel untuk mencatat data yang dilakukan secara rutin. Misalkan data nama siswa dan nilai yang diperoleh, dimana data nilai dietakkan pada lembar worksheet yang berbeda.

  1. Otomatisasi pekerjaan rutin

Pekerjaan yang dilakukan secara rutin seperti membuat laporan pemasukan dan pengeluaran  kas setiap hari, Maccro excel mampu dengan mudah dibangun untuk tujuan tersebut. Otomasi tanggal dapat diatur sehingga laporan dapat tepat waktu tercatat.

  1. Otomatisasi perintah berulang

Jika terdapat tindakan yang perlu dilakukan bersama, semisal mengerjakan suatu tugas yang membutuhkan 3 workbook Excel yang berbeda, VBA dapat merekam makro saat melakukan pekerjaan pada workbook pertama dan kemudian membiarkan makro mengulangi tindakan pada workbook yang

  1. Membangun perintah yang multifungsi

VBA memiliki fitur agar dapat melakukan otomatisasi perintah menjadi satu. Misalkan dalam satu tombola tau langkah akan dilakukan perintah otomatis untuk melakukanbeberapa fungsi sekaligus, misalkan perintah kalkulasi serta perintah print sekaligus.

  1. Membuat tampilan menu sesuai yang diinginkan

Dengan menggunakan VBA seluruh layout yang ingin ditampilkan pada Worksheet dapat diatur sehingga pekerjaan akan menjadi lebih focus. Hal ini juga akan membantu seorang rekan kerja yang tidak memiliki pemahaman yang banyak tentang computer menjadi lebih terbantu.

  1. Mengembangkan formula perhitungan

Pada Microsoft Excel tentunya sudah tersedia banyak macam formula perhitungan matematis, namun dengan menggunakan fitur VBA ini akan lebih memudahkan untuk mengembangkan perhitungan lain sesuai kebutuhan.

 

Aslab Komputer – Zulfa nur ‘aini

Sumber artikel :

 

https://www.broexcel.com/pengertian-dan-fungsi-dari-macro-vba.html

 

https://id.wikipedia.org/wiki/Visual_Basic_for_Applications

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>