TIPS Cara membuat efek Brush pada foto

 

Pada kesempatan kali ini, kita akan mencoba membuat efek Brush untuk mempercantik foto kita. Untuk brush photoshop yang digunakan dalam tutorial kali ini, dapat didownload melalui internet. Nama dari brush yang digunakan adalah Ink Splatter Brush. Dalam tutorial kali ini, kita akan menggunakan Adobe Photoshop CS 6. Jangan khawatir bagi anda yang menggunakan versi sebelumnya (CS 6 kebawah) atau versi sesudahnya (versi CC) karena anda tetap dapat mengikuti tutorial ini. Baiklah, berikut adalah tutorial Cara membuat efek Brush pada Foto.

  • Buat New document dengan klik file -> new atau langsung buka foto yang akan kita edit dengan klik file -> open. Ukuran yang saya gunakan adalah ukuran dari foto yang saya edit, jadi silahkan sesuaikan dengan kebutuhan anda.
  • Tambahkan Background berwarna putih dengan Paint Bucket Tool. Jangan lupa untuk membuka gambar kunci pada layar yang terbentuk saat pertama kali membuat layer.

  • Buat 1 layer baru (dengan Create a new layer di pojok kanan bawah), lalu sapukan brush sesuai dengan keinginan. Jika anda membuat New document dengan cara file -> new, buka dulu foto agan sebelum memainkan brush, kemudian letakkan layer baru diatas layer yang berisi foto. Perhatikan saat anda menggunakan brush, jangan sampai berada diluar layer yang baru saja anda buat.

  • Klik kanan pada layer berisi foto lalu pilih Create a clipping mask. Kegunaan dari clipping mask adalah menjadikan foto anda akan terlihat sesuai dengan bentuk dari brush Kemudian pilih Image -> Adjustment layer -> Desaturate. Desaturate akan menjadikan foto anda menjadi hitam putih.

  • Terakhir buat lagi new layer, pilih Gradien tool (klik tahan pada Paint bucket tool) kemudian ubah warnanya menjadi warna yang anda inginkan. Saya disini menggunakan template berwarna kuning merah biru yang sudah disediakan. Jika sudah, ubah mode layer tersebut menjadi Screen.

  • Hasil dari tutorial kali ini kurang lebih seperti ini.

Demikian tutorial Adobe Photoshop kali ini dalam membuat efek brush pada foto. Silahkan bereksperimen dengan brush yang berbeda atau dengan variasi penggunaan brush yang berbeda, sehingga cocok dengan hasil yang benar – benar anda inginkan. Semoga bermanfaat.

Sumber : https://www.youtube.com/watch?v=JRWB3qaBuRg

 

Ken Diva Gusti Arirang – Asisten Labolatorium Komputer 2018.

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>