Bar? Apa itu? Penjelasan Singkat Mengenai Bar

Bartender

Kali ini kami akan sedikit menjelaskan mengenai hal yang terkait dengan hospitality, yaitu tentang bar. Jadi apakah itu bar? Bar berasal dari kata barrier yang berarti penghalang. Di dalam bar terdapat suatu meja yang disebut counter. Arti counter sendiri adalah meja penghalang yang membatasi dua ruangan, yaitu ruangan dimana petugas bar bekerja atau bartender dengan ruangan tempat para tamu duduk santai sambil menikmati minuman yang disuguhkan. Pada sebuah bar hanya menjual minuman beralkohol dan non-alkohol serta makanan kecil, jadi tidak menyediakan makanan berat.

Bar terbagi kedalam 2 kategori yaitu public bar dan service bar. Apa bedanya?

1. Public Bar

Sesuai dengan nama nya, publik atau umum, merupakan bar dimana semua orang dapat masuk. Public bar ini dapat dioperasikan di dalam ataupun di luar hotel karena bar seperti ini dapat berdiri sendiri.

2. Service Bar

Kebalikan dengan public bar, service bar adalah bar yang tidak diperuntukan bagi semua orang, tapi hanya bagi tamu yang tinggal di hotel. Fungsinya adalah untuk menyediakan minuman yang di pesan oleh para tamu di hotel, baik yang ingin menikmati minumannya di area hotel atau di kamar.

 

Selain dibedakan berdasarkan kategori, juga terdapat beberapa tipe bar. Berikut ini tipe-tipe bar :

1. Night Club

Sebuah tempat yang berada baik itu di luar maupun di dalam Hotel yang diorganisasikan secara komersil, yang menyajikan makanan dan juga minuman beralkohol.

2. Restoran dan Bar

Bar ini fungsi utamanya ialah menyajikan minuman dan makanan kepada tamu yang memesan untuk dikonsumsi di restoran maupun di room service pada area hotel.

3. Discotheque Bar

Bar yang menyediakan segala macam minuman. Biasanya dalam bar ini ada tempat untuk berdansa, dancing stage, mengutamakan minuman beralkohol dan lebih mengutamakan music EDM yang menghadirkan berbagai DJ ( dics jokey).

4. Main Bar

Bar utama dengan tempat tersendiri. Biasanya ruangannya tertutup, dilayani oleh petugas bar sendiri ( bar waiter dan bar waitress ) atau kadang – kadang oleh bartender. Petugas dapat berdialog secara langsung dan akrab dengan para tamu. Bar seperti ini merupakan tempat informasi atau sales information secara langsung. Tamu dapat menikmati minuman secara rileks karena tempat dan penerangannya sengaja dibuat redup, romantis, sambil menikmati musik.

5. Cocktail Lounge

Kadang – kadang disebut juga Lounge Bar. Pada umumnya tempatnya luas memanjang. Lingkungannya lebih nyaman daripada bar biasa. Tamu – tamu dilayani petugas bar, seperti bar waiter, bar waitress dan kadang – kadang bartender sendiri. Segala sesuatunya hampir sama dengan mini bar.

 

Bar sendiri identik dengan pengolahan dan penyajian minuman yang beragam. Ada beberapa cara untuk membuat minuma campuran, yaitu sebagai berikut :

  1. Shaking, yaitu membuat minuman campuran dengan cara mengocok dalam shaker (alat pengocok), disaring dan langsung dituangkan kedalam gelas penyaji. Cara seperti ini digunakan untuk membuat minuman campuran yang bahan-bahannya sulit dicampur atau dilarutkan seperti susu
  2. Stiring, yaitu membuat campuran dengan cara mengaduk di dalam gelas penyaji sebelum minuman disajikan. Semua bahan dituangkan ke dalam gelas penyaji, diaduk sampai rata hingga semua bahan tercampur dengan baik dan kemudian disajikan.
  3. Blending, yaitu membuat minuman campuran dengan menggunakan electric blender untuk mengaduk kemudian dituangkan ke dalam gelas penyaji.
  4. Floating, yaitu dengan cara menuangkan berbagai jenis minuman satu per satu secara berurutan ke dalam gelas penyaji sehingga masing-masing nampak terpisah / tidak tercampur dalam gelas
  5. Muddle, yaitu dengan cara menumbuk sebagian bahan kedalam alat muddler, atau menggunakan muddler didalam gelas saji setelah itu dituangkan dengan tambahan soda.

 

Demikian kurang lebih penjelasan singkat mengenai bar. Memang pada umumnya bar identik dengan minuman beralkohol, namun tentu saja tidak semua bar demikian. Seperti yang dijelaskan di atas ada berbagai kategori dan tipe bar. Semoga dengan penjelasan ini dapat menambah pengetahuan pembaca di bidang hospitality ya.

 

Referensi :

  • http://tugaspariwisata.blogspot.com/2012/03/bar.html
  • http://ppg.spada.ristekdikti.go.id.mod/resource/view.php?id=27681

 

By : Diyaan Rahmawaty – Hospitality Assistant 2018

 

 

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>