Yuk Kenalan Dengan RAM! Sebelum Anda Mengupgradenya

Dalam artikel ini, saya akan membahas cara memilih RAM untuk komputer Anda. Fungsi RAM adalah sebagai memori sementara yang membantu kinerja komputer maupun laptop agar bisa menyimpan data secara sementara. Setelah mengetahui seberapa penting fungsi dari RAM, maka saya akan memberikan informasi tentang empat faktor yang harus Anda pertimbangkan saat memilih RAM untuk laptop / PC anda. Berikut merupakan faktor-faktor yang harus Anda pertimbangkan dalam memilih dan menggunakan RAM.

1.  Berapa Besar Kapasitas RAM yang Anda Butuhkan?

Jawaban cepat untuk pertanyaan ini adalah sebagian besar orang mungkin akan membutuhkan RAM dengan kapasitas 8GB-16GB. Namun,jawaban tersebut terlalu signifikan terhadap pengguna skala menengah kebawah, lebih tepatnya adalah semua pengguna memiliki kapasitas penggunaan RAM yang berbeda-beda tergantung pada jenis sistem yang akan anda jalankan. Jika Anda membuat PC workstation high-end untuk melakukan pekerjaan seperti mendesain video editing, grafis, gamming dan perkerjaan lain yang membutuhkan spesifikasi device yang mumpuni, menggunakan RAM berkapasitas 16GB (atau lebih, tergantung pada anggaran Anda) akan menjadi keputusan yang bijaksana. Lain halnya jika Anda menggunakan komputer hanya untuk mengolah data pada Microsoft Office atau kegiatan pembukuan, tentu tidak memerlukan RAM yang terlalu besar. Sesuai dengan judul pertama pada artikel ini mengenai faktor kapasitas RAM yang digunakan, RAM merupakan komponen termudah di PC Anda untuk di upgrade. Jadi, jika Anda memiliki anggaran yang lebih besar dan Anda ingin membangun komputer gaming atau PC workstation high-end, maka gunakan 16 GB (atau lebih) untuk memulainya. Namun jika Anda memiliki anggaran yang lebih minim, mulailah dengan RAM 8GB sehingga Anda tidak perlu menurunkan versi CPU dan GPU untuk mengakomodasi lebih banyak memori.

2.  Kompatibilitas RAM Menjadi Masalah Yang Harus Anda Sadari

Kompatibilitas yang dimaksud adalah penggabungan antara beberapa komponen yang berbeda jenis dapat dilakukan dengan mudah, namun keadaan tersebut tidak terjadi pada penggunaan RAM. Oleh sebab itu tidak semua RAM kompatibel dengan setiap matherboard yang digunakan.

Berikut ini daftar hal-hal yang harus dicari ketika mempertimbangkan kompatibilitas RAM:

  • Generasi DDR
  • Motherboard DIMM Slots
  • Pembersihan Heatsink CPU
  • Form Factor

Penggunaan RAM tipe DDR sangat penting, karena memori DDR generasi yang lebih tua tidak akan bekerja dengan motherboard yang terbaru. Oleh karena itu untuk mendukung hal tersebut maka harus menggunakan memori DDR generasi terbaru dan seterusnya. Untuk pemasangan RAM harus sesuai, Anda tidak dapat menempatkan memori DDR3 di motherboard yang memiliki slot DDR4 DIMM dan Anda tidak dapat menempatkan memori DDR4 di motherboard yang memiliki slot DDR3 DIMM.

Berbicara tentang slot DIMM motherboard, penting juga untuk Anda perhatikan berapa banyak slot yang dimiliki oleh motherboard Anda. Beberapa motherboard yang memiliki bentuk faktor yang lebih kecil (mikro-ATX dan mini-ITX) hanya memilik dua slot DIMM. Jadi, tentu saja, Anda tidak dapat memasang RAM 4x4GB di dalamnya. Anda hanya dapat memiliki maksimum dua RAM dalam mikro-ATX dan mini-ITX. Jadi, pastikan Anda membeli RAM sesuai dengan jumlah slot pada motherboard Anda.

Faktor bentuk RAM adalah hal penting untuk dipertimbangkan. Hanya ada dua faktor bentuk RAM utama:

  1. DIMM: slot bentuk RAM desktop
  2. SO-DIMM: slot bentuk RAM laptop

Yang Anda benar-benar perlu ketahui di sini adalah jika Anda sedang membuat PC desktop baru atau meng-upgrade yang sudah ada, maka Anda harus memastikan untuk menggunakan RAM bentuk faktor DIMM dan bukan RAM SO-DIMM, karena motherboard desktop tidak kompatibel dengan RAM SO-DIMM.

3.  Kecepatan RAM

Hanya ada dua komponen yang menentukan kinerja memori yang diberikan yaitu frekuensi dan Latency.

  1. Frekuensi RAM mirip dengan frekuensi CPU. Semakin cepat frekuensi RAM, semakin cepat memori dapat memproses data.
  2. Latency, di sisi lain, adalah waktu antara ketika perintah sistem dimasukkan dan ketika dijalankan. Semakin rendah latensi, semakin cepat memori dapat berpindah ke proses selanjutnya.

Frekuensi dan latency saling terkait ketika menentukan kinerja keseluruhan dari perangkat memori tertentu, tetapi itu bukan hal yang sama. Jadi, sebenarnya dalam menentukan frekuensi RAM yang tepat untuk Anda, Anda perlu mengevaluasi jenis program yang akan Anda jalankan dan menentukan apakah memori dengan frekuensi yang lebih cepat akan memberi Anda lebih banyak kinerja saat menjalankannya.

4.  Ingat, RAM MUDAH Untuk Upgrade

Mencocokkan RAM Anda dengan kualitas perangkat Anda juga penting. Jika Anda tidak ingin menempatkan 16GB RAM dalam PC gaming, karena biaya tambahan untuk meng-upgrade dari RAM 8GB ke 16GB ini berat, berarti Anda harus melakukan downgrade pada komponen yang akan memiliki dampak lebih besar pada program Anda selain RAM.

Demikian artikel tentang “Yuk Kenalan Dengan RAM! Sebelum Anda Mengupgradenya”. Dimana akan memudahkan kita untuk mengupgrade PC yang kita punya. Semoga Bermanfaat, Terima kasih.

 

Refrensi

  • “5 Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Upgrade RAM, Apa Kamu Tahu?”. 11 November 2017. https://www.els.co.id/blog/5-hal-yang-perlu-diperhatikan-sebelum-upgrade-ram-apa-kamu-tahu/.
  • Crider, Michael. “ How To Upgrade Or Replace Your PC’s RAM”. 12 April 2018. https://www.howtogeek.com/346541/how-to-upgrade-or-replace-your-pcs-ram/.

 

By Dion Ari Dewanto – Asisten Laboratorium Teknik

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>