Mengenal dan Merancang Business Plan

Saya memiliki cita-cita yang bisa dibilang cocok dengan jaman sekarang ini, karena dunia entreprenuer atau perbisnisan sudah mulai berkembang dengan pesat dan bebarengan dengan teknologi yang terbilang mengiringi pertumbuhan bisnis juga. Bisnis sudah ada sejak dahulu, hingga sekarang bisnis sudah mulai berevolusi dan berkembang, persaingan pasar juga mulai terlihat ketat karena setiap pembisnis pasti memiliki inovasi atau caranya agar bisa bertahan di dunia bisnis saat ini. Saya di sini akan menceritakan tentang Business Plan dan cara merancangannya agar bisnis yang akan dirintis memiliki tujuan dan arah yang pasti untuk kedepannya.
Business Plan adalah dokumen yang dirancang untuk menjelaskan tentang bisnis baru, tujuan bisnis, keuangan dari bisnis, dan rincian lain yang berhubungan dengan bisnis yang sedang dirancang. Bogadenta (2013) ‘Business Plan adalah proses penentuan visi, misi dan tujuan, strategi, kebijakan, prosedur, aturan, program, dan anggaran yang diperlukan untuk menjalankan suatu usaha tertentu’. Dalam perjalanan merancang bisnis banyak orang berpendapat bahwa “kerjakan saja bisnis itu!”, tetapi tidak semulus itu dalam merancang Business Plan. Pada kenyataannya banyak juga yang gagal dalam merancangnya.

“The writing of a business plan is an activity extensively endorsed by recent literature, venture capital firms, governmental support agencies, and universities.“
(Ames, 1989; Hindle, 1997; Kahrs, 1995; Maitland, 1996)

Sebelum menulis Business Plan ada beberapa hal yang harus di perhatikan, yaitu berapa lama waktu yang dibutuhkan untuk merencanakan bisnis tersebut? Siapakah yang membutuhkan Business Plan? Kenapa harus menulis Business Plan? Tentukan apa tujuan dan objektivitas dari bisnis yang akan dikerjakan. Pertanyaan di atas dapat dijawab apabila kita sudah menentukan bisnis apa yang akan di rancang dan di kembangkan. Dalam merancang Business Plan juga perlu mempertimbangkan segala aspek secara matang. Business Plan juga merupakan segala ide yang dirancang dalam bentuk dokumen dan harus bisa bernilai dan usahakan Business Plan yang dibuat terasa hidup karena akan mempengaruhi investor untuk menanam modal atau memudahkan dalam pengembangan bisnis kedepannya.
Business Plan akan menjelaskan segala hal tentang bisnis yang sedang di kembangkan, dan juga akan menjelaskan bagaimana jalan masa depan dari bisnis tersebut. Bisnis yang dimulai dari hari ini, dengan sumber daya dan kemampuan yang tersedia saat ini akan terus berkembang. Waktu yang dibutuhkan untuk berkembangnya suatu bisnis tersebut tidaklah cepat, bisa tiga sampai lima tahun ke depan. Ketika suatu bisnis sudah menentukan target maka bisnis tersebut sudah memiliki pandangan ke depan, bagaimana jalannya dan perkembangannya, dan dalam kurun waktu tertentu bisnis itu akan terasa hidup. Ketika sampai di titik tersebut (setelah berjalan tiga sampai lima tahun) bisnis ini akan memiliki sumber daya dan kemampuan yang berbeda dan yang jelas memiliki profitabilitas yang lebih besar dan akan meningkatkan segala aset dalam bisnis tersebut.

 

Detail Dokumen Business Plan

Ketika Anda menulis Business Plan usahakan fokus pada tujuan bisnis, tulisan jangan membahas hal yang tidak ada hubungan dengan bisnis yang sedang anda dirancang. Business Plan yang pendek lebih bagus dari pada yang panjang dan tidak jelas apa yang dibahas. Selain itu menggunakan Business Chart akan memudahkan dalam membaca angka dan memahaminya. Buat tampilan Business Plan Anda yang terbaik karena pengaruh tampilan cukup besar untuk menentukan investor dari bisnis.

Pada masa tertentu mungkin Business Plan membutuhkan lebih banyak penjelasan akan tetapi saat ini yang dibutuhkan dalam Business Plan adalah beberapa hal berikut ini:

1. Executive Summary

Dalam ringkasan ini anda harus membahas keseluruhan rencana bisnis secara garis besar. Selain itu ringkasa ini juga harus menjelaskan keinginan dari pemilik bisnis, dan isinya harus menarik karena executive summary adalah halaman pertama yang akan dibaca, apabila isinya tidak sesuai dan tidak menarik, maka pembaca tidak akan melanjutkan membacanya. Rincian isi dari executive summary adalah:

  • Problem
  • Solution
  • Target market
  • Competition
  • Our team
  • Financial highlights and funding required

 

2. Opportunity

Bab ini Anda akan menjelaskan bagaimana bisnis yang dikembangkan memiliki kesempatan untuk tampil dan bersaing dengan bisnis yang lainnya, dan juga menjelaskan tentang masalah serta solusi yang ditawarkan oleh Anda atau pemilik bisnis dengan ditampilkan bentuk gambar atau yang lainnya agar lebih mudah dalam memahami isinya. Rincian dari opportunity adalah:

  • Market problem
  • Solution: product & service details
  • Validation of problem & solution
  • Road map

 

3. Target Market

Halaman ini berisi siapakah target pasar yang akan anda tuju, baik secara prioritas primer maupun sekunder harus dijelaskan dalam bab ini. Anda harus menggunakan data yang valid karena tidak semua pengguna akan menggunakan produk anda, setiap orang pasti memiliki karakteristiknya masing-masing. Rincian dari target market adalah:

  • Market size
  • Market growth & trends
  • Key customers
  • Future markets

 

4. Competition

Bab ini Anda harus menjelaskan tentang alternatif lain atau pengganti dari pasar yang sudah ada. Setiap bisnis memiliki ciri khasnya masing-masing dan setiap bisnis memiliki persaingan yang berbeda-beda, karena kompetisi adalah ajang untuk mendapatkan keuntungan antar pemilik bisnis, pangsa pasar serta jumlah penjualan yang tinggi. Rincian dari competition adalah:

  • Current alternatives
  • Barriers to entry

 

5. Marketing & Sales

Bab ini mempresentasikan tentang rencana pasar yang Anda tuju secara rinci bagaimana bisnis yang dirancang dapat mencapai targetnya. Bentuk dari marketing bisa banyak hal seperti iklan atau strategi promosi lainnya baik secara daring maupun luring. Rincian dari marketing & sales adalah:

  • Marketing plan
  • Sales plan
  • Pricing

 

6. Operations

Bab ini menggambarkan tentang bagaimana bisnis anda berfungsi secara berkelanjutan. Dalam bab ini juga membahas tentang hal yang berhubungan dengan logistik organisasi, alat yang digunakan, tanggung jawab setiap orang dalam tim, dan modal atau biaya yang harus dikeluarkan terkait bisnis. Rincian operations adalah:

  • Location & facilities
  • Technology
  • Partners & resources
  • Risks & mitigations

 

7. Milestones

Halaman ini Anda akan membahas tentang ringkasan dari waktu yang ditentukan untuk mencapai target pasar maupun untuk kemajuan dari produk bisnis yang dikembangkan. Halaman ini juga menjelaskan kepada pembaca, dalam hal ini investor, apakah akan memberikan keuntungan untuk investor kedepannya atau tidak. Rincian dari milestones adalah:

  • Key metrics
  • Schedule

 

8. Company

Bab ini Anda harus menjelaskan sejarah terbentuknya tim, serta menjelaskan tim secara keseluruhan dan mendetail karena investor akan mencari tim-tim terbaik di samping ide-ide yang hebat dan berbeda. Bab ini juga harus menjelaskan tentang ringkasan struktur tim yang bekerja dalam bisnis tersebut. Ringkasan company adalah:

  • Overview & history
  • Team
  • Advisors

 

9. Financial Plan

Bab ini Anda harus menyoroti aspek yang paling penting dalam bisnis yaitu rencana keuangan yang idealnya menggunakan tabel dalam menjelaskannya, dan juga tentang pemasukan serta detail pengeluaran dari bisnis anda. Selain itu bab ini juga dapat menunjukkan bagaimana bisnis dapat menghasilkan uang yang dapat dijelaskan dalam beberapa kalimat. Rincian dari financial plan adalah:

  • Forecast
  • Financing
  • Use of funds
  • Exit strategy

 

Dari detail diatas tidak semuanya harus Anda tuliskan karena dokumen untuk Business Plan yang paling baik adalah singkat, jelas dan mudah dipahami. Selain itu dalam Business Plan yang paling di soroti adalah strategi dalam merancang bisnis tersebut dan dapatkah bisnis tersebut bersaing di pasar saat ini, karena kompetisi pasar yang terjadi saat ini telah mengalami perubahan yang cukup signifikan. Dalam menulis Business Plan Anda harus menggunakan format yang terbaik menurut bisnis yang Anda kembangkan. Jangan takut untuk melakukan eksplorasi dalam merancang bisnis. Kesimpulannya kapan Anda akan membuat bisnis yang berbeda dan membuat perubahan dunia? Yang pasti setiap orang memiliki jawabannya masing- masing, karena setiap orang pasti memiliki target masing-masing, termasuk didalamnya adalah saya yang sedang mencari ide untuk bisnis yang akan saya kembangkan.

 

Referensi :

  1. https://www.forbes.com/sites/alejandrocremades/2018/07/24/how-to-create-a-business-plan/#244693997391
  2. https://www.entrepreneur.com/article/247574
  3. https://articles.bplans.com/how-to-write-a-business-plan/
  4. https://www.entrepreneur.com/article/247575
  5. https://www.shopify.com/encyclopedia/business-plan
  6. https://www.investopedia.com/terms/b/business-plan.asp
  7. https://www.entrepreneur.com/encyclopedia/business-plan
  8. https://articles.bplans.com/how-to-write-a-business-plan/
  9. https://id.scribd.com/document/257592228/Chapter-2-9-Honig-Karlsson
  10. https://www.entrepreneur.com/article/38308

By : Rico Tri Wibowo – Computer Assistant 2018

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>