Apa yang Dimaksud dengan Malware, Virus, Worm, Spyware dan Trojan dalam Dunia Komputer?

Virus komputer menyerang komputer kamu? Tentu hal tersebut sangatlah mengganggu, terkadang sampai dibuat frustasi karena virus tersebut. Mulai dari kehilangan data, kerusakan data hingga terkadang kita merasa di mata-matai oleh komputer kita sendiri. Tapi, apakah kalian tahu bahwa yang merusak komputer kita bisa saja bukan hanya sebuah virus komputer, melainkan program jenis lain seperti malware, trojan ataupun spyware yang memiliki perbedaan dan cara kerja tersendiri yang cukup berbeda dengan sebuah virus komputer? Baiklah akan kita jelaskan perbedaan dari program-program tersebut.

Menurut definisinya, Malware merupakan singkatan dari Malicious Software yang berarti Perangkat Lunak Jahat, ataupun program jahat yang bersifat merusak dan merugikan orang lain/korban. Maka yang termasuk dalam program jahat (malware) tersebut adalah trojan, virus, spyware dan worm.

  1. Malware (Malicious Software)

Malware merupakan sebuah program komputer yang bersifat merusak dan dapat menghapus file, menyembunyikan file, mencuri file serta dapat mengubah data pada komputer tanpa seizin pemilik komputer bahkan sering kali tanpa sepengetahuan dari pemilik komputer. Malware juga dapat menghabiskan dan memenuhi sebuah bandwidth dan sumber daya komputer lainnya. Bahkan malware ada yang dapat merusak hingga ke tingkat perangkat keras.

  1. Virus Komputer

Virus komputer merupakan malware dengan jenis yang menginfeksi sebuah komputer dengan bantuan pihak ketiga untuk mengaktifkan dirinya, yang biasanya pihak ketiga tersebut adalah pemilik komputer yang komputernya telah terinveksi virus komputer. Virusnya biasanya diselipkan dalam sebuah file .exe, file gambar, file dokumen ataupun bentuk folder yang biasanya aktif ketika pihak ketiga mengklik filefile tersebut.

  1. Worm

Worm yang dimaksud disini bukanlah sebuah cacing yang masuk dan merusak komputer, melainkan sebuah malware yang mampu mengaktifkan dirinya sendiri tanpa adanya campur tangan pihak ketiga. Dengan artian lain, worm dapat menginfeksi dari satu komputer ke komputer lainnya secara otomatis apabila dia mendapatkan jalannya seperti di dalam jaringan ataupun berpindah melalui flashdisk.

Worm hanya bisa menginveksi komputer ataupun program lain yang memiliki celah keamanan (vulnerability) seperti microsoft office, adobe, ataupun software terkenal lainnya yang sering menjadi sasaran. Biasanya worm juga dibuat khusus untuk menyerang sistem atau program tertentu saja. Worm juga dapat bersifat dorman (diam tanpa melakukan apapun) hingga dia menemukan target spesifik yang telah diprogramkan ke worm tersebut.

Salah satu worm yang sangat hebat yang pernah dibuat adalah worm dengan sebutana Stuxnet, yang menyerang hanya komputer khusus di salah satu fasilitas nuklir di Iran yang programnya diduga dibuat pada April 2010 lalu ditemukan pada juni-juli 2010.

  1. Spyware

Spyware merupakan sebuah malware yang berfungsi untuk memata-matai korban melalui komputernya. Awalnya, malware jenis ini digunakan untuk memata-matai profil korban, log browsing korban, hingga hal-hal pribadi korban agar digunakan untuk menampilkan iklan yang sesuai dengan dminat dari pengguna komputer tersebut. Namun penggunaan spyware di masa kini sudah sangat luas, bahkan kejadian Snowden, seorang mantan agen di biro intelejen Amerika Serikat membongkar bahwa pemerintah Amerika telah memata-matai manusia di seluruh negara melalui jaringan internet yang hari ini hampir semua masyarakat menggunakannya.

  1. Trojan

Trojan merupakan istilah yang dibuat oleh pasukan yunani dengan menyamar ke dalam sebuah patung kuda besar ketika mereka berperang melawan sebuah benteng yang kuat bernama benteng kota Troya. Ketika pasukan yunani menyerang benteng kota Troya, pertahanan benteng sangat kuat sehingga pihak yunani berpura-pura dengan meninggalkan peperangan dan meninggalkan sebuah patung kuda besar yang berisikan pasukan elit yunani di dekat benteng kota Troya. Oleh orang-orang Troya yang mereka pikir telah memenangkan perang, patung ini mereka bawa masuk dan diarak di dalam kota. Ketika malam hari, ketika penduduk kota Troya telah terlelap, pasukan elit yunani keluar dari patung dan menyerang kota Troya.

Adapun pada dunia komputer, trojan atau juga sering dikenal dengan trojan horse, merupakan sebuah program baik yang berisikan program lainnya berupa malware yang merusak. Trojan sering diselipkan pada program cracker ataupun game sehingga ketika pengguna menggunakan program tersebut, ada program lain (malware) yang juga ikut dijalankan yang dapat memata-matai, mencuri data ataupun hal yang merugikan lainnya.

 

Itulah perbedaan dari malware, virus komputer, worm, spyware dan torjan horse. Salah satu cara menghindari masuknya program-program jahat tersebut ke komputer kita adalah dengan selalu update dan mengaktifkan Windows Defender (bagi pengguna OS Windows), memasang antivirus dan menggunakan program-program dengan lisensi aslinya.

Sekian dan Terima Kasih ?

Sumber artikel : https://jalantikus.com/news/2816/perbedaan-malware-virus-worm-spyware-dan-trojan/

-Aslab: Abdullah Salahul Haq-

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>