[Berita] Sharing Knowledge : Dasar – dasar Database MySql dan PL/SQL

Sharing knowledge menjadi salah satu agenda kegiatan rutin yang diadakan tiga minggu sekali oleh Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan dan dilaksanakan oleh Asisten Llaboratorium sesuai dengan bidang dari masing-masing Kelompok Keahlian yang ada di Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom. Sharing knowledge pertama di periode 2018/2019 ini dilaksanakan pada hari Sabtu, 29 September 2018.

Sharing knowledge yang pertama ini mengusung materi seputar database dan lebih menekankan pada pengenalan dasar-dasar database MySql yang biasanya digunakan dalam membangun sebuah aplikasi. Pada sharing knowledge ini dihadiri sebanyak 12 orang peserta dari prodi Teknik Informatika, Manajemen Informatika, Teknik Telekomunikasi dan Komputerisasi Akutansi. Acara dimulai pukul 10.15 WIB dengan penyampaian materi yang dibawakan oleh Ken Diva Gusti Arirang dari Asisten Laboratorium Komputer. Di awal sesi pemateri menjelaskan mengenai pengolahan data-data dalam database (data manipulation language) menggunakan MySql seperti proses “SELECT” data, “GROUP FUNCTION” dan “JOIN” dengan menggunakan data yang sudah tersedia di dalam SQL yaitu skema HR.

Setelah penjabaran materi, dilanjutkan dengan praktik yang dilakukan oleh peserta dan dipandu oleh pemateri. Peserta cukup antusias dengan melontarkan beberapa pertanyaan yang saat itu kurang dimengerti ketika praktik langsung. Beberapa kali pemateri juga menawarkan untuk menjelaskan kembali apabila memang terdapat penjelasan yang kurang paham. Materi dasar-dasar database MySql ini berlangsung selama 2 jam dan untuk materi pertama diakhiri dengan makan siang besama.

Selepas istirahat, acara kembali dilanjutkan pada pukul 12.30 WIB dengan materi kedua yaitu pengenalan dasar-dasar Pemrograman Prosedural Structured Query Language (PL/SQL) yang dibawakan oleh Ade Handiyanto yang juga dari Asisten Laboratorium Komputer. Dimulai dengan penyampaian 4 materi utama diantaranya, materi pertama mengenai Pengenalan Anonymous Block yang mencakup mengenai anonymous block, variable, identifiers dan Tipe Data.  Materi Kedua mengenai Struktur Percabangan mencakup penggunaan “IF”, “ELSE”, “ELSIF” dan “CASE EXPRESSION”. Materi Ketiga Mengenai Struktur Perulangan, Materi keempat mengenai Cursor Implisit dan Eksplisit. Pada saat peyampaian, pemateri langsung mengajak peserta untuk mempraktikan materi-materi tersebut, hal ini dilakukan supaya materi yang disampaikan mudah diingat dan dimengerti oleh peserta. Pemateri juga ikut turun langsung membimbing peserta yang menghadapi kesulitan, seperti ditemukannya error saat menjalankan database tersebut. Memang pada awalnya terlihat beberapa audiens yang bingung, namun setelah diberikan arahan dan penjelasan ulang, peserta akhirnya dapat memahami materi tersebut. Materi kedua berakhir pukul 14.30 WIB dengan respon peserta yang cukup antusias dan mengikuti kegiatan dengan baik sampai selesai.

Tanggapan dari beberapa audiens yang berharap agar acara sharing knowledge ini rutin dilaksanakan karena dapat menambah pengetahuan dan sebagai media sharing ilmu antar mahasiswa.

 

By : Ken Diva Gusti Arirang dan Ade Handiyanto, Aslab Komputer 2018

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>