[Berita] Sharing Knowledge : Kupas Tuntas Masalah Database Menggunakan Framework CodeIgniter

Hai sobat Laboratorium FIT, Sharing Knowledge kembali diadakan pada hari Sabtu, 23 Februari 2019 dari Asisten Laboratorium Komputer di Laboratorium Multimedia Technology (A6). Pemateri dalam Sharing Knowledge kali ini adalah Miranda Arianty, Bayu Setya Ajie Perdana Putra, dan Ahmad Alfin. Materi yang dibawakan yaitu tentang Framework CodeIgniter yang merupakan salah satu dari materi kegiatan perkuliahan dan praktikum. Dalam kegiatan tersebut dibagi menjadi tiga sesi dan satu kali ISHOMA (Istirahat, Sholat, Makan).

Dalam sesi pertama materi disampaikan oleh Miranda dengan topik “Implementasi CRUD (Create, Read, Update, Delete)”. Pada sesi ini berisi tentang pengenalan dan konsep dasar dari CodeIgniter dan dilanjutkan dengan praktek implementasi CRUD. Setelah sesi pertama selesai, peserta Sharing Knowledge dipersilahkan untuk ISHOMA karena memasuki waktu adzan dzuhur.

Lalu pada sesi kedua diisi oleh Bayu dengan topik “Import Data CSV ke Database dengan Library”. Pada sesi ini mengulas seputar library yang ada, cara installasi library dari third party beserta cara mengaksesnya, dan implementasi library third party berupa CSVImport untuk melakukan input data dengan jumlah yang banyak hanya sekali upload file. Setelah sesi kedua selesai dilanjutkan oleh Alfin yang membawakan materi seputar “Export Data ke Excel dan PDF”. Sesi ini juga menggunakan library third party berupa PDFExcel yang berfungsi sebagai membuat laporan berupa file Excel dimana datanya diambil dari database. Setelah implementasi PDFExcel selesai dilanjutkan dengan implementasi pembuatan laporan dalam bentuk PDF yang menggunakan fungsi bawaan dari Bahasa Pemrograman PHP. Dalam setiap sesi setiap peserta nampak serius dalam memperhatikan materi yang disampaikan masing-masing pemateri.

Saat ditanya satu per satu alasan mereka mengikuti Sharing Knowledge kali ini adalah guna menunjang kegiatan perkuliahan sebagai ilmu baru serta menunjang kebutuhan pembuatan Proyek Akhir (PA) dari peserta tersebut. Respon dari peserta cukup bagus dan masing-masing dari peserta berharap diadakan Sharing Knowledge secara rutin karena dapat menambah wawasan dan tempat berbagi ilmu antar sesama. Untuk kalian sobat Laboratorium FIT nantikan keseruan sharing knowledge selanjutnya ya karena acara ini terbuka untuk umum dan gratis..

 

By: Miranda Arianty, Bayu Setya Ajie Perdana Putra, Ahmad Alfin. -Asisten Laboratorium Komputer 2018/2019

 

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>