[Berita] Sharing Knowledge : Pengenalan Programmable Logic Controller (PLC)

Hallo sobat Lab FIT beberapa waktu yang lalu telah diadakan kembali Sharing Knowledge loh… kali ini membahas tentang Programmable Logic Controller atau biasa PLC, dan penggunaan PLC dalam dunia industri Pada kali ini jumlah peserta yang mengikuti sharing knowledge ini berjumlah 9 orang. Dan acara dimulai pada hari Sabtu, 6 Juli 2019, pukul 09.00 WIB. Dengan penyampaian materi dibawakan oleh Dion Ari Dewanto dari Asisten Laboratorium Hardware.

Programmable Logic Controller merupakan sebuah alat berupa komputer elektronik yang memiliki fungsi menyimpan suatu perintah yang dioperasikan secara logic untuk mengendalikan output yang diinginkan.

PLC tidak lain adalah komputer digital yang mempunyai processor, unit memori, unit kontrol, dan unit I/O, akan tetapi PLC berbeda dengan komputer dalam beberapa hal, yaitu :

  1. PLC dirancang untuk berada di lingkungan industri yang mungkin banyak debu, panas, guncangan, dan sebagainya.
  2. PLC harus dapat dioperasikan serta dirawat dengan mudah oleh teknisi pabrik.
  3. PLC sebagian besar tidak dilengkapi dengan monitor, tetapi dilengkapi dengan peripheral port yang berfungsi untuk memasukkan program sekaligus memonitor data atau program.

PLC banyak digunakan pada aplikasi-aplikasi industri, misalnya pada proses pengepakan, penanganan bahan, perakitan otomatis (automation) dan lain sebagainya. Dengan kata lain, hampir semua aplikasi yang memerlukan kontrol listrik atau elektronik membutuhkan PLC. Dengan demikian, semakin kompleks proses yang harus ditangani, semakin penting penggunaan PLC untuk mempermudah proses-proses tersebut (dan sekaligus menggantikan beberapa alat yang diperlukan). Setelah penyampaian materi, dilanjutkan dengan kegiatan praktik yang dilakukan oleh peserta dan dipandu oleh pemateri teman-teman Asisten Laboratorium Teknik. Peserta cukup antusias dengan melontarkan beberapa pertanyaan yang saat itu kurang dimengerti ketika praktik langsung. Beberapa kali pemateri juga menawarkan untuk menjelaskan kembali apabila memang terdapat penjelasan yang kurang paham. Acara ini berlangsung selama 3 jam dan berakhir pukul 12.00 WIB dengan respon peserta yang cukup antusias dan mengikuti kegiatan dengan baik sampai selesai.

Tanggapan dari beberapa peserta yang berharap agar acara Sharing Knowledge ini rutin dilaksanakan karena dapat menambah pengetahuan dan sebagai media sharing ilmu antar mahasiswa.

Referensi:

-http://www.kitomaindonesia.com/article/16/programmable-logic-controller/

By : Dion Ari Dewanto – Engineering Assistant Laboratory

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>