[Berita] Sharing Knowledge : Pengenalan Sistem Komunikasi Serat Optik

Halo sobat laboratorium, ada keseruan nih tanggal 21 Desember 2018 kemarin, Sharing knowledge kembali hadir dengan bertemakan “Pengenalan Sistem Komunikasi Serat Optik”. Seperti biasa, Sharing Knowledge kali ini dilaksanakan di Laboratorium Falkutas Ilmu Terapan dan dibawakan oleh dua orang asisten laboratorium teknik yaitu Aaron Abel dan Atharizky Ade Santosa. Acara ini dihadiri oleh 8 orang peserta yang berasal prodi D3 Teknologi Telekomunikasi. Selain teori, pada sharing knowledge ini dilakukan praktek yang berhubungan dengan serat optik.

Terlebih dahulu, para peserta diberikan materi pengenalan dasar sistem telekomunikasi berupa blok diagram dan penjelasannya sebelum dijelaskan sistem komunikasi serat optik agar lebih mudah dimengerti. Pengenalan berbagai macam media transmisi juga dikenalkan untuk mengetahui keunggulan dan kekurangan serat optik. Selanjutnya, peserta dijelaskan bagian-bagian utama penyusun serat optik, jenis-jenisnya, hingga perangkat dalam penyambungan dan pengukuran untuk serat optik yang dimiliki Laboratorium fakultas Ilmu Terapan.

Gambar 1. Pengenalan alat penyambung serat optik (fusion splicer) 

Puncak keseruan sharing knowledge ini berapa pada saat peserta melakukan praktek penyambungan serat optik menggunakan metode fusion splicing. Tiga tahap penting yang harus dilakukan sebelum melakukan penyambungan serat optik, yaitu stripping, cleaning, dan cleaving. Tiga tahap tersebut harus dikuasai untuk meminimalisasi redaman serat optik yang telah disambung.

Gambar 2. Pengenalan perangkat FTTH

Kegiatan selanjutnya yaitu pengenalan perangkat-perangkat FTTH (Fiber to the Home). FTTH merupakan salah implementasi teknologi serat optik seperti IndiHome yang memerikan paket layanan data, video dan voice. Setelah mengetahui perangkat-perangkat FTTH, peserta melakukan perancangan di software OptiSystem untuk mengetahui redaman total dan hasil bit error rate yang dirancang.

Sharing knowledge yang rutin diadakan Unit Laboratorium Falkutas Ilmu Terapan ini diharapkan dapat banyak memberikan manfaat kepada Mahasiswa Tel-U sendiri ataupun masyarakat umum. Untuk kalian sobat Laboratorium FIT nantikan keseruan sharing knowledge selanjutnya ya karena acara ini terbuka untuk umum dan gratis..

By : Aaron Abel & Atharizky Ade Santosa- Engineering Assistant

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>