DISK CLONING

DISK CLONING

DISK CLONE atau DISK CLONING

Disk Cloning merupakan suatu metode Installing PC dengan quantitas PC yang lebih banyak. Tentunya anda yang mempelajari tentang komputer ketahui cara Install OS di PC. Nah, DISK CLONING ini digunakan untuk menginstall OS dan aplikasi lainnya pada banyak PC yang nantinya is OS nya sama dari satu PC dengan yang lainnya. Sebelum melakukan CLONING, pastikan membuat Master Disk terlebih dahulu. Pada Master Disk ini Install OS yang diinginkan atua disarankan serta aplikasi-aplikasi yang akan digunakan. Pastikan semua kebutuhan Aplikasi terinstall.

Setelah Master Disknya sudah siap, lalukan CLONING pada setiap PC yang ingin di-CLONE dengan menggunakan Master Disk yang sudah dibuat. Nah, pertama tentu anda hanya memiliki satu Master Disk, setelah anda melakukan CLONING pertama, Harddisk yang di PC pertama dapat gunakan jika sudah selesai CLONING. Jadi anda sudah dua Master Disk, dan lakukan seterusnya dengan cara yang sama pada PC lain.

Cara melakukan CLONING :

Pertama, pasangkan Master Disk pada port Harddisk yang utama atau biasanya warna biru dan orange dan kabel sata DISK yang ingin di-CLONE dipasang di port hitam. Lihat gambar berikut.

Kedua, Hidupkan PC. Pada DISK CLONING ini dapat menggunakan beberapa tools yang familiar untuk digunakan. Pada artikel menggunakan MINI TOOLS Partition Wizard. Nanti dijelaskan lebih dalam mengenai tools yang digunakan untuk DISK CLONING.

Pastikan MINI TOOLS sudah terpasang di Master Disk anda. Jika sudah terpasang, maka buka MINI TOOLS-nya. Lihat gambar berikut.

Hapus Partition D atau F selain C dengan click Delete Partition pada bagian kirik. Lihat pada gambar di atas. Setelah dihapus dibaut kembali dengan cara berikut.

Click pada pada Copy Partition Wizard dan ikutin Instruksinya.

Pilih Copy Partition Wizard. Muncul tampilan pada gambar berikut.

Pilih Disk 2 Click Next. Akan muncul gambar berikut.

Setelah sesaat muncul tampilan di atas maka akan muncul gambar berikut. Setelah itu pilih Restar Now.

Komputer akan restar dan lanjut ke Progress Cloning hingga SELESAI.

 

Demikian semoga bermanfaat.

-Aslab: Mario Da Silva-

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *