Hotel Chain

Hotel chain atau bisa disebut Group of Affiliated Hotel merupakan bentuk kerjasama hotel yang tidak berdiri sendiri, dia memiliki hubungan dalam kepemilikan ataupun cara pengelolaannya dengan perusahaan lain. Bentuk hubungan kerja ini terbagi menjadi empat macam:

1. Referal Group

Hotel yang dimiliki oleh masing-masing perorangan yang saling support satu sama lain untuk tujuan bersama seperti dalam hal pemasaran, sistem pemesanan kamar, pengalihan hotel. Cara ini dirasa lebih menguntungkan apabila dilakukan secara bersama-sama tanpa harus mengubah sifat kepemilikannya.

2. Parent Company

Bentuk kerjasama hotel ini dengan cara beroperasional yang memiliki beberapa uni dan menginduk pada suatu perusahaan, yang biasanya membawa nama yang sama. Tugas manager di chain parent company melaporkan segala kejadian di hotel tersebut kepada coorporate headquarter.

3. Franchise

Franchise adalah bentuk kerjasama dimana suatu perorangan atau perusahaan yang membeli wewenang lisensi, yang dikarenakan suatu brand tersebut sudah memiliki kualitas yang baik. Menejemen dikelola oleh brand ternama, merupakan metode distribusi suatu entitas membangun pola dalam melakukan bisnis Franchisor dan Franchisee. Terdapat standar untuk desain, dekorasi, equipment, dan operating procedures. Frenchisee dapat menggunakan, nama, produk, technique, dan advertising dalam kawasan tertentu.

  • Franchisor: Badan usaha atau perorangan yang memberikan hak atau wewenang atas brand yang dimilikinya.
  • Franchisee: Badan usaha atau perorangan yang membeli atau menerima hak untuk memanfaatkan brand yang diterimanya.

4. Management Contract

Jenis kerjasama ini pemilik hotel yang tidak mau mengoprasionalkan atau menjalankan hotel yang dia miliki sendiri. Pemilik bersolusi dengan menyewa orang lain atau menejemen.

Hotel-hotel memisahkan antara kepemilikan dengan pengelolaan dari perusahaan lain dengan membayar sejumlah uang sesuai dengan kesepakatan, Chain hotel namun property dimiliki oleh pihak lain (individu atau perusahaan lain)

Dibawah ini beberapa adalah hotel chain internasional yang terbilang besar

a. Marriott International

Marriott International

b. Hyatt Hotel Corporation

c. Four Seasons Hotel and Resort

d. Mandarin Oriental Hotel Group

Itulah seputar penjelasan mengenai jenis bentuk kerjasama pada hotel chain atau Group of Affiliated Hotel. Dimana informasi ini dapat membantu kita saat akan berlibur dan menginap di hotel, Mengapa? Karena sebelumnya kita sudah mengetahui bentuk kerjasama di tiap-tiap hotel, yang pastinya setiap bentuk kerjasamaa antara hotel akan memiliki kualitas pelayanan yang sama.

Referensi:

https://www.theinternationalman.com

Homepage


http://www.hospitalityrise.com

Homepage


https://en.wikipedia.org/wiki/Mandarin_Oriental_Hotel_Group

 

By: Navaldhy Satria Perdana – Hospitality Laboratory Asisstant

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>