Jenis-Jenis Pengkabelan Jaringan Komputer

Dalam jaringan komputer untuk menghubungkan komputer satu dengan komputer lainnya diperlukan sebuah protocol dan media pengiriman seperti kabel. Umumnya kabel yang sering dipakai pada jaringan komputer yaitu UTP atau STP bangkan sekarang sudah sampai ke kabel fiber. Untuk pengkabelan UTP atau STP memiliki urutan warna yang telah di standarkan dan ururtan warna tersebut dibagi menjadi 3 jenis yang mana memiliki fungsi berbeda pada setiap jenis pengakabelan.

Jenis-jenis pengkabelan UTP antara lain :

  1. Straight Through Over

Kabel straight adalah jenis pengkabelan dengan teknik pemasangan yang lurus urutan warna, jenis ini yang sering digunakan dalam implementasi jaringan komputer dan kabel jenis ini digunakan untuk menghubungkan perangkat yang berbeda seperti komputer ke switch atau router ke switch. Untuk lebih jelas urutannya bisa di lihat dari gambar berikut :

 

  1. Cross Through Over

Kabel Cross adalah jenis kabel yang urutan warnanya di cross dengan aturan tertentu, jenis ini digunakan untuk menghubungkan perangkat yang sama seperti komputer ke komputer atau switch ke switch. Untuk lebih jelas urutannya bisa di lihat dari gambar berikut :

  1. Roll Through Over

Kabel Roll Through Over adalah jenis kabel yang digunakan untuk menghubugkan komputer ke router atau switch manageble untuk menconfigurasi perangkat tersebut, urutan warna kabel ini dari balikan dari ujung satu dengan ujung kabel kedua. Untuk lebih jelas urutannya bisa di lihat dari gambar berikut :

Author: Ridwan A.M

Terimakasih .

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>