Kenali Perbedaan Shutdown, Sleep, Hibernate, Hybrid Sleep, dan Fast Startup

perbedaan-shutdown-sleep-hibernate-hybrid-sleep-fast-startup

Di era modern saat ini banyak sekali yang menggunakan komputer untuk memudahkan suatu pekerjaan. Untuk menggunakan komputer paling tidak mengetahui dasar-dasar dari komputer untuk memudahkan penggunaan komputer. Tapi apakah kalian sudah tahu tentang perbedaan Shutdown, Sleep, Hibernate, Hybrid Sleep, dan Fast Startup? Artikel kali ini akan membahas lima fitur dasar tersebut terlebih fitur Fast Startup yang baru saja dikeluarkan oleh Microsoft dan baru tersedia di Windows 10.

1. Shutdown

shutdown-windows-8

Shutdown adalah salah satu fitur dasar yang paling sering digunakan. Shutdown digunakan untuk memutuskan setiap proses yang ada di komputer secara total sekaligus mematikan komputer tersebut. Mode ini memang patut dilakukan jika penggunaan komputer sudah selesai.

2. Sleep

sleep-windows-10

Selain Shutdown, juga terdapat Sleep saat menggunakan komputer atau ingin memilih mode Shutdown. Sleep disini dimaksudkan untuk memerintahkan komputer untuk masuk ke daya yang rendah dan seluruh komponen akan terputus kecuali RAM. Alasan RAM tidak terputus karena RAM akan mempertahankan kondisi komputer sampai diaktifkan kembali. Jika komputer kembali diaktifkan maka seluruh layanan dan aplikasi yang sudah berjalan sebelumnya akan kembali normal atau terbuka. Mode ini lebih sering dilakukan saat digunakan untuk menghemat daya.

3. Hibernate

perbedaan-shutdown-sleep-hibernate-hybrid-sleep-fast-startup

Mode Hibernate tidak jauh beda dengan mode Sleep. Perbedaannya adalah mode Hibernate digunakan untuk mempertahankan kondisi layanan dan aplikasi yang sedang digunakan dengan keadaan mati dalam jangka waktu yang lama. Mode ini akan melakukan transfer data dari RAM ke Harddisk sehingga membutuhkan waktu yang lama untuk komputer mati dan menghidupkan komputer kembali dari biasanya.

4. Hybrid Sleep

hybrid-sleep

Mode Hybrid Sleep merupakan mode kombinasi antara Sleep dan Hibernate. Dalam mode ini, komputer akan masuk ke dalam modus daya rendah dan kondisi sistem akan disimpan ke dalam Harddisk. Kelebihan mode ini adalah saat terjadi mati listrik atau mati lampu, maka sistem komputer akan tetap aman karena sudah disimpan pada Harddisk.

5. Fast Startup

fast-startup

Mode Fast Startup baru muncul bersama Windows 10 dan mode ini merupakan kombinasi dari mode Hibernate dan Shutdown. Mode ini mirip dengan mode Hibernate, namun perbedaannya adalah mode Fast Startup hanya menyimpan layanan dasar yang akan dimuat pada system startup dan akan disimpan ke dalam Harddisk. Keuntungan menggunakan mode ini adalah ketika mengaktifkan komputer kembali, maka prosesnya akan jauh lebih cepat dibandingkan dengan normal boot.

 

–BSAPP–

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>