Kunjungan Mahasiswa S1 Teknik Informatika Universitas Al Azhar Indonesia ke Chevalier Software Artist Studio (CSAS) Laboratory dan Multimedia Research Laboratory

Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom – Pada hari Kamis, 22 Desember 2016, Civitas D3 Teknik Informatika dan Laboratorium menyambut kunjungan Mahasiswa S1 Teknik Informatika dari Universitas Al Azhar Indonesia (UAI). Rombongan dari UAI langsung disambut oleh Ka. Prodi D3 Teknik Informatika FIT Tel-U Retno Novi Dayawati, S.Si., M.T. dan Dosen Prodi D3 Informatika FIT Tel-U Fathah Noor Prawita, S.T., M.T. di ruang Rapat Pimpinan Fakultas Ilmu Terapan. Kunjungan yang terdiri atas 7 orang mahasiswa dan seorang pembina yang bernama Ir. Winangsari Pradani, M.T. menyangkut tentang teknologi Augmented Reality (AR) dan Virtual Reality (VR) yang belakangan ini sering dibahas di berbagai forum dan penelitian.

img_6139 img_6140Ka. Prodi D3 Teknik Informatika FIT Tel-U Retno Novi Dayawati, S.Si., M.T. memberikan plakat atas nama Universitas Telkom kepada Pembina atas Mahasiswa S1 Teknik Informatika Universitas Al Azhar Indonesia Ir. Winangsari Pradani, M.T. dan begitu pula sebaliknya.

Bapak Fathah selaku Host dan pemandu kunjungan pada acara tersebut mengajak berkeliling para peserta kunjungan ke Chevalier Software Artist Studio (CSAS) Laboratory dan Multimedia Research Laboratory. Pada CSAS Laboratory, para peserta kunjungan diperlihatkan penggunaan peralatan Kinect dan Leap Motion. Kinect merupakan sebuah perangkat yang berfungsi sebagai controller-gaming yang dapat mengontrol sebuah permainan komputer menggunakan gerakan dari gestur tubuh. Sedangkan leap motion merupakan controller untuk menggerakkan suatu program komputer tanpa harus menyentuh perangkat komputer yaitu dengan gerakan tangan di udara (di atas sensor leap motion). Para peserta kunjungan juga dipersilahkan untuk mencoba fungsi dari dua alat tersebut pada game ataupun permainan yang telah disediakan.

img_6150Perangkat Kinect yang dihubungkan dengan komputer, tampak hasil sensor perangkat Kinect pada monitor sebelah kiri. Pada monitor pada sebelah kanan tampak sebuah permainan yang dimainkan menggunakan perangkat Kinect tersebut.

img_6147 Para peserta kunjungan yang sedang mencoba memainkan permainan menggunakan perangkat Kinect.

img_6163Salah seorang peserta kunjungan mencoba sebuah aplikasi menggunakan perangkat Leap Motion.

Setelah mengunjungi CSAS Laboratory, para peserta kunjungan dipersilahkan untuk istirahat dan makan siang sebelum berlanjut ke agenda acara selanjutnya. Adapun kegiatan selanjutnya adalah kuliah singkat berkaitan tentang teknologi Augmented Reality, Virtual Reality dan juga Mixed Reality yang disampaikan langsung oleh Bapak Fathah Noor Prawita, S.T., M.T. di ruang Multimedia Research Laboratory.

(Foto di ruang Multimedia Research Laboratory)

Setelah agenda di atas, maka berakhirlah rangkaian acara kunjungan dan sebelum para tamu kembali ke jakarta, maka Pak Fathah beserta tamu kunjungan berfoto di depan fakultas ilmu terapan sebagai salam perpisahan.

(Foto di depan FIT)

Reported by FIT Asistant Laboratory

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>