Mau Tau Sistem Oprasional Room di Hotel ? Ternyata Begini Loh Sistemnya…

Housekeeping Department adalah bagian yang memelihara dan merawat bagian kamar di hotel, public area dan fasilitas hotel lainnya berserta uniform  atau pakaian pegawai yang dikenakan. Dalam housekeeping department memiliki section tersendiri dalam pembagian tugas di setiap section-nya. Pada kali ini, penulis akan menjelaskan mengenai room attendant section.

Room attendant section merupakan bagian yang menangani perawatan dan pemeliharaan kamar. Dalam pembagian pekerjaan yang pertama kali yang harus dilakukan adalah menentukan jumlah kamar atau status kamar yang akan di bersihkan. Status kamar dapat digolongkan enjadi beberapa bagian seperti kamar check out (keberangkatan), kamar yang masih terisi (occupied). Jadi para room attendant dapat mengetahui jumlah kamar yang akan dibersihkan.

Setelah itu, supervisor dapat mengatur jumlah staff yang akan menyelesaikan dalam pembersihan kamar. Setelah supervisor telah membagi tugas untuk staff nya, para karyawan langsung mempersiakan alat dan bahan yang akan dibawa ke kamar. Hal-hal yang harus disiapkan oleh room attendant seperti, guest supply seperti slipper, air mineral, coffee or tea dan lain lain, guesst aminities  seperti shower gel, shampoo, cotton bath, comb, shower cap, dan lain lain. serta berbagai jenis linen seperti single dan double sheet, duvet, pillow case, towel, serta bed math.

Lalu setelah mengetahui apa saja yang akan di bawa ke room, semua persediaan harus disimpan dalam trolley yang disebut trolley attendant. Setelah semuanya telah dipastikan ready dan tidak ada yang tertinggal, room attendant langsung mengerjakan tugasnya. Saat akan memasuki kamar, room attendant harus mengetahui SOP yang benar, yaitu mengetuk pintu sebanyak 3x dan mengatakan “housekeeping” untuk memasitikan tamu siap untuk dibersihkan kamarnya.

 

Jika tamu tidak ada dikamar room attendant yang dilalkukan pertama kali adalah mengecek keadaan kamar jika kamar tersebut merupakan kamar check out dan memastikan tidak ada barang yang tertinggal. Setelah itu, merapihkan beberapa sampah dan memisahkan barang-barang yang harus di buang. Setelah itu room attendant melepaskan semua linen dan diganti dengan linen yang baru. Lalu melalukan dusting atau membersihkan debu dan mem-vacuum lantai hingga bersih. Setelah itu dilanjutkan proses pembersihan rest room, membersihkan menggukanan chemical, dan segera dikeringkan,lalu mengganti semua amenities dan towel.

Setelah semua sudah selesai pasanglah guest supply dan pastikan tidak ada yang terlewat. Setelah semua sudah bersih dan rapih, tidak ada guest supply yang tertinggal, room dapat ditinggalkan dan siap di cek oleh supervisor dan siap untuk dijual. Untuk sharing knowledge kali ini, penulis melakukan simulasi oprasional room attendant, dari menjelaskan pembagian tugas, preparation trolley, simulasi makeup room (proses pembersihan kamar), sampai ke cara pemasangan linen atau making bed.

By :  Gantina Suciati – Room Division Laboratory Assistant

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>