Mengenal Bagian Jaringan Akses Kabel MDF (Mine Distribution Frame)

Main Distribution Frame atau yang lebih di kenal dengan MDF, merupakan bagian teknologi telekomunikasi wire yang digunakan di Indonesia. Perusahaan telkomunikasi khususnya pada jaringan akses kabel tentunya menggunakan MDF sebagai media akses kabel pada telepon rumah. MDF sendiri merupakan rangkain pembagi utama (RPU) yang merupakan tempat terminasi antara kabel telpon ke sentra dan kabel telepon ke pelanggan (kabel primer). Dalam beberapa aplikasi MDF dibagi menjadi dua block, yaitu CDF dan MDF. CDF biasanya digunkan untuk terminasi kabel dari sentral sedangkan MDF terminasi kabel primer dan keduanya dihungkan menggunkan kabel jumper.

Berikut berupakan bagian bagian dari MDF yang berada di laboratorium Telecommunication Network

  • Sentral

  • PSTN

  • Port User

  • MDF

Semua perangkat tersebut saling terhubung menggunakan kabel jumpper untuk membentuk sebuang jaringan akses kabel yang dapat digunakan untuk jaringan telekomunikasi telepon dengan media wired (kabel).

 

-Aslab: Irfan Maulana Agung-

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>