Mengenal Teknologi Multi Protocol Label Switch

MPLS (Multi Protocol Label Switch) merupakan teknologi jaringan populer sekitar beberapa tahun lalu. Protokol ini menggunakan label yang melekat pada paket untuk meneruskan melalui jaringan. MPLS (Multi Protocol Label Switch) adalah teknologi penyampaian paket pada jaringan backbone berkecepatan tinggi yang menggabungkan beberapa kelebihan dari sistem komunikasi circuit-switched dan packet-switched yang melahirkan teknologi yang lebih baik. Yang dimaksud circuit-switched dan packet-switched adalah sebagai berikut :

  • Circuit-switched adalah model jaringan yang menerapkan sebuah jalur komunikasi yang dedicated antara 2 station.
  • Packet-switched adalah metode komunikasi jaringan digital yang ditransmisikan semua data yang terlepas dari struktur paket.

MPLS Label dapat membangun pemetaan label-to-label antar router. Label ini melekat pada paket IP yang memungkinkan router untuk meneruskan jalur lalu lintas dengan melihat label dan bukan alamat IP tujuan. Paket yang diteruskan oleh Label Switching bukan IP Switching. Teknik Label Switching bukanlah hal yang baru. Teknologi yang sebelumnya yaitu Frame Relay dan ATM teknologi tersebut dapat digunakan untuk memindahkan frame seluruh jaringan.

Pada Frame Relay, framenya bisa menjadi sedikit panjang. Sedangkan Asynchronous Transfer Mode (ATM), mempunyai FixedLength yang terdiri dari 5 header byte dan payload 48 byte. Header pada ATM dan Frame Relay dapat mengacu pada virtual circuit yang berada pada frame. Frame Relay dan ATM mempunyai kesamaan yaitu setiap hop diseluruh jaringan dan nilai label dalam header dapat berubah. Hal ini berbeda dari paket forwarding, ketika sebuah router menforward paket IP, nilai yang berkaitan dengan tujuan dari paket tidak merubah alamat IP tujuan. Fakta bahwa MPLS Label digunakan untuk meneruskan paket-paket.

 

-Aslab: Irfan Maulana Agung-

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>