Mengenal Lebih Dekat Laboratorium MikroPLC

A,  Dekripsi Laboratorium

Laboratorium Mikro PLC adalah laboratorium yang menyediakan fasilitas untuk menyalurkan dan mengembangkan softskill maupun hardskill dalam bidang mikrokontroler, interface dan antarmuka, dan system plc. Selain itu, di laboratorium ini juga digunakan untuk praktikum serta pengerjaan berbagai tugas besar dan proyek akhir mahasiswa.

Pembina Laboratorium Mikro PLC adalah Bapak Simon Siregar, S,.Si., M.T. yang merupakan dosen tetap untuk Fakultas Ilmu Terapan dan sudah beberapa tahun ini menjadi Pembina Laboratorium Mikro PLC. Untuk menghubungi bisa langsung ke Ruang Dosen FIT Lantai 3 dengan Kode Dosen SSR atau di Ruang Robotik SAS di Lantai 4.

Untuk lokasi Laboratorium Mikro PLC atau yang lebih sering dikenal sebagai E4 berada di Lantai 4 FIT depan AULA yang bersebelahan dengan ruang Elektronika (E5).

B,  Matakuliah Pengguna Laboratorium

Eldas, mikroelektronika, system plc, system kendali, Bahasa rakitan, interface, rl,

  1. Sistem PLC

Mempelajari berbagai alat, aplikasi dan komponen baik hardware atau software. Dalam software biasa menggunakan aplikasi Fluidsim dan Easy Feep. Untuk hardware, ada alat Easy Veep juga kemudian panel PLC serta berabagai komponen peripheral lainnya. Mahasiswa diajarkan cara berpikir logic untuk menyelesaikan permasalahan sehari-hari.

  1. Interface dan Antarmuka

Mempelajari bagaimana mengkoding pemograman Arduino Uno yang dihubungkan dengan sensor/modul pendukung. Aplikasi yang digunakan berupa Arduino IDE untuk koding dan upload ke board Arduino Uno yang telah di konfigurasi.

  1. Sistem Kendali dan Bahasa Rakitan

Merupakan matakuliah yang dianjurkan untuk mahasiswa Teknik Komputer yang mengambil peminatan Embedded System. Matakuliah ini mempelajari bagaimana mengendalikan suatu alat dengan mikroprosesor serta bagaimana menggunakan Bahasa pemograman yang dikenali oleh mikroprosesor tersebut.

  1. Mikroelektronika, Elektronika Dasar, Rangkaian Elektronik, dll.

Merupakan matakuliah yang juga menggunakan Lab Mikro PLC untuk melakukan kegiatan belajar mengajar atau kegiatan praktikum. Karena selain di laboratorium ini, matakuliah ini juga menggunakan Ruangan Laboratorium Elektronika.

Demikian penjelasan tentang Laboraotorium Mikro PLC. Semoga bermanfaat.

Terimakasih.

 

-Aslab: Yuantoro-

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>