Mengenal Software Akuntansi Lokal, Accurate!!!

Accurate Accounting Software

Pada era saat ini Software merupakan suatu kebutuan dasar dalam sebuah perusahaan. Hal tersebut dikarenakan semakin pesatnya perkembangan teknologi dan semakin detail pula kebutuhan yang diperlukan oleh perusahaan. Membahas tentang perusahaan maka tidak akan lepas dari laporan keuangan yang dihasilkan perusahaan, maka disinilah Software Akuntansi sangat berperan penting untuk memudahkan Accounting and Finance dalam membuat laporan keuangan dan menjadi salah satu alternatif solusi terbaik untuk saat ini. Software Akuntansi yang dimaksud tersebut yaitu ACCURATE Versi 5.0. Software ini merupakan versi terbaru yang diluncurkan setelah accurate versi 4. Perbedaannya terdapat pada fitur, Accurate versi 5 memiliki fitur E-Faktur yang digunakan bagi PKP, e-PPh 23 dan memberikan kemudahan untuk mengelola administrasi pembukuan perusahaan menjadi lebih rapi dan terkomputerisasi. Manfaat dari aplikasi ini adalah mempersingkat waktu yang dibutuhkan untuk menghitung semua angka yang relevan untuk diproses dan membuat perhitungan menjadi lebih akurat. Accurate terdiri dari tiga varian sehingga para pengguna dapat memilih varian yang paling sesuai dengan kebutuhan bisnisnya, yaitu

1. Standard Edition
Accurate standard edition biasanya digunakan untuk perusahan dagang atau jasa yang proses kerjanya sederhana dan tidak rumit. Varian ini dilengkapi oleh fitur Multi Currency, Warehouse dan User hingga eksport ke e-Faktur dan onlinepajak.com dan e-SPT.

2. Deluxe Edition
Accurate Deluxe Edition cocok untuk perusahaan yang bergerak dibidang kontraktor atau konstruksi karena dilengkapi dengan fitur Project Management yang komperhensif.

3. Enterprise Edition
Accurate Enterprise Edition idealnya digunakan untuk industri skala besar dan manufacturing seperti pabrik. Pada saat ini fitur export import dapat digunakan untuk  Requisition, Item Transfer, PO, RI, Eksport ke e-Faktur dan Eksport ke e-PPh23 .

Tabel Daftar Fitur Varian Accurate

Modul yang terdapat pada Accurate memiliki beberapa perbedaan tergantung dari varian dan kebutuhan bisnis. Pada tabel dibawah ini terdapat perbedaan modul yang ada pada variannya masing-masing.

Modul Accurate

Setiap aplikasi pasti memiliki kelebihan dan kekurangan oleh karena itu  Adapun kelebihan   dan kelemahan Accurate dari software sejenis lainnya.

 

Kelebihan Accurate

  1. Accurate sudah sesuai dengan Pernyataan Standard Akuntansi Keuangan (PSAK) dan perpajakan di Indonesia,
  2. Fitur Accurate sudah lengkap,
  3. Free dari biaya maintenance,
  4. Multi login dan database, dan multi-currency,
  5. Performa handal,
  6. Kualitas terpercaya,
  7. Proses yang realtime,
  8. Dilengkapi dengan E-Faktur,
  9. Dapat melakukan kustomisasi desain pada setiap report, voucher maupun invoice, dan
  10. Mempermudah pembukuan.

Kelemahan Accurate

  1. Tidak dapat di-custom,
  2. Tidak mendapatkan training pembelian baru, dan
  3. Tidak mencakup seluruh operasional perusahaan.

 

Referensi :

accurateindonesia. (n.d.). Retrieved from https://www.accurateindonesia.com/tentang-accurate-3/.

id, a. (n.d.). Retrieved 12 17, 2018, from https://www.accuratego.id/accurate-5/.

id, s. (n.d.). Retrieved from http://softwareaccurate.id/kelebihan-dan-kekurangan-software-accurate/.

 

By : Ahmad Alfin – Computer Laboratory Assistant 2018

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>