Mengenali Sebuah Smartphone (Ponsel Pintar)

Pada tahun 2012, sekitar 18% populasi penduduk dunia menggunakan smartphone, dibandingkan dengan tahun 2010 yang hanya 12% dan 8% pada tahun 2008. Dewasa ini ada sekitar 1.9 milyar pengguna smartphone di seluruh dunia. Jumlah ini terus bertambah. Berbagai macam fitur telah di tanamkan dalam smartphone tersebut hanya untuk mempermudahkan manusia dalam kehidupan beraktivitas sehari-hari nya. Namun sebagian besar orang tidak memperhatikan spesifikasi yang jelih, sehingga pada saat membeli konsumen dirasa dirugikan pada saat memakainya.

Smartphone (ponsel pintar) sendiri pada dasarnya seperti sebuah komputer, memiliki beberapa komponen penting untuk mengoperasikannya, diantaranya;

–          Prosesor / CPU (Central Processing Unit)

–          Memory RAM (Random Access Memory)

–          Internal dan External Storage (Memori Penyimpanan)

–          GPU (Graphics Processing Unit)

Dari Komponen utama diatas terdapat fitur tambahan yang juga harus diperhatikan oleh pembeli, seperti kualitas kamera, kualitas speaker, inframerah, tipe jaringan, NFC dan sensor atau fitur lainnya. Komponen atau fitur tersebut juga sangat menentukan harga jual sebuah gadget, sebuah smartphone kelas bawah yang memiliki spesifikasi sama dengan yang branding kelas atas, belum tentu memiliki kinerja dan performa sama, terutama dari segi ‘durable’ alias keawetan pemakaian.

Dalam hal ini smartphone dari brand apapun juga begitu, banyak yang mengeluhkan ponsel baru kok lemot? namun itu semua tergantung kebijaksanaan anda dalam pemakaian ponsel anda, memahami spesifikasi ponsel adalah hal pertama yang harus diketahui, berapa kemampuan kecepatan prosesor anda dalam menjalankan aplikasi single atau multitasking, berapa kapasitas memori RAM anda dalam menyimpan cache dll, berapa kemampuan GPU anda saat sedang menjalankan aplikasi yang membutuhkan resolusi graphic besar.

Berikut adalah “uraian sederhana” seputar Prosesor, RAM, Storage dan GPU.

Prosecesor CPU: adalah engine utama yang menjalankan seluruh sistem operasi dan aplikasi yang ada didalam ponsel. Contoh Qualcom Snapdragon, Nvidia Tegra, OMAP 3, Cortex-A9.

RAM Memory: adalah tempat penyimpanan sementara dari sistem atau aplikasi yang di jalankan, bisa berupa cache, dsb.

Data Storage: adalah penyimpanan data sistem dan aplikasi, internal yang sudah tertancap di bawaan ponsel dan eksternal yang kita pasang sendiri berupa memori micro sd, dsb.

GPU: adalah engine yang khusus bertugas untuk mengolah tampilan grafis seperti image, video, aplikasi dan game yang memiliki resolusi baik rendah atau tinggi. Contoh ATI Adreno, Mali, GeForce, PowerVR, dll.

Kualitas komponen juga sangat menentukan kinerja ponsel anda, misalnya prosesor ponsel brand “A” dengan prosesor brand “B” sama-sama memiliki kecepatan 1,2 GHz, belum tentu memiliki kinerja yang sama, hal ini juga berlaku untuk RAM, Storage dan GPU. Bisa tarik garis besar bahwa harga menentukan kualitas, namun ini juga bukan jaminan bahwa ponsel mahal pasti memiliki kualitas bagus, semua kembali tergantung bagaimana anda mimilih ponsel yang sesuai dengan kebutuhan anda.

Kualitas komponen akan sangat menentukan performa dan kinerja ponsel anda secara jangka panjang, ponsel lemot, hang, merupakan momok bagi semua pengguna smartphone, terutama dari ponsel dari brand pendatang baru.

Sumber

-ikhwan-

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>