Pahami Lebih Lanjut Kabel Jaringan Tipe TWISTED-PAIR

Dari sekian tipe kabel yang digunakan pada network (jaringan komputer), kabel twistedpair merupakan tipe yang paling sering digunakan. Twisted-pair berarti pasangan terpilin, yaitu bentuk dari isi kabel yang terdiri dari beberapa konduktor (konduktor yang digunakan biasanya berupa tembaga) yang dibungkus dengan isolator dan antar isolator tersebut terpilin sedemikian rupa.

Dari segi pelindung kabelnya, twistedpair umumnya dibagi atas dua jenis, yaitu STP (Shielded TwistedPair) dan UTP (Unshielded TwistedPair). Shielded twistedpair memikili lapisan alumunium foil di dalam lapisan cable jacket yang membungkus isolator pada masing-masing pasangan warna isolator. Sedangkan unshielded twisted-pair tidak memiliki lapisan pelindung lain, hanya memiliki lapisan cable jacket (bagian bungkus terluar pada kabel).

Selain dari segi pelindungnya, kabel twisted-pair juga dibagi berdasarkan karakteristik transmisinya. Berikut pembagiannya pada beberapa kategori.

  1. UTP Category 1
    Digunakan pada data analog. Biasanya digunakan pada perangkat telpon untuk komunikasi suara dan juga menguhubungkan modem dengan jalur telpon.
  1. UTP Category 2
    Memiliki kecepatan data hingga 4 MB/detik.
  1. UTP Category 3
    Memiliki kecepatan data hingga 10 MB/detik.
  1. UTP Category 4
    Memiliki kecepatan data hingga 16 MB/detik.
  1. UTP Category 5
    Memiliki kecepatan data hingga 10 MB/detik pada Ethernet dan 100 MB/detik pada Fast Ethernet.
  1. UTP Category 5e
    Memiliki kecepatan data hingga 100 MB/detik pada Fast Ethernet dan 1 Gb/detik pada Gigabit Ethernet (pada jarak <= 100 meter).
  1. STP Category 6
    Memiliki kecepatan data hingga 10 Gb/detik pada Gigabit Ethernet pada jarak <= 25 meter dan 2,5 Gb/detik pada jarak <= 100 meter. Frekuensi data yang dimiliki berkisar 155 MHz hingga 250 MHz.
  1. STP Category 7
    Memiliki frekuensi data berkisar dari 200 MHz hingga 700 MHz.

Pewarnaan pada masing-masing isolator dalam kabel twisted-pair memiliki aturan tersendiri. Ini dimaksudkan untuk membedakan fungsi dari setiap konduktor agar mudah untuk dikenali. Berikut urutan warna dan fungsi dari masing-masing konduktor pada kabel twisted-pair.

  • Orange : Kabel berwarna Orange berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Putih Orange : Kabel berwarna  Putih Orange berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Hijau : Kabel berwarna  hijau berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Putih Hijau : Kabel berwarna putih hijau berfungsi sebagai media penghantar paket data.
  • Biru : Kabel berwarna biru berfungsi sebagai media penghantar paket suara.
  • Putih Biru : Kabel berwarna putih biru berfungsi sebagai media penghantar paket suara.
  • Cokelat : Kabel berwarna cokelat berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.
  • Putih Cokelat : Kabel berwarna putih cokelat berfungsi untuk menghantarkan tegangan DC.

Dari warna-warna isolator tersebut, terdapat penamaan urutan ujung kabel twisted-pair, yaitu T568 A dan T568 B. Untuk urutannya dapat melihat gambar berikut.

Untuk membuat kabel Straight kedua ujung kabel harus menggunakan jenis urutan yang sama, yaitu T568 A – T568 A atau T568 B – T568 B. Adapun untuk membuat kabel Cross kedua ujung kabel harus menggunakan jenis urutan  yang berbeda , yaitu T568 A – T568 B.

Semoga bacaan di atas menambah wawasan para pembaca. Apalagi di zaman yang dipenuhi dengan IT seperti ini, informasi dasar seperti ini haruslah diketahui oleh para pelajar khususnya.

Terima Kasih ? – HQ

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>