PASTA

Pasta merupakan makanan asal Italia yang digemari hampir di seluruh dunia. Pasta sebenarnya merupakan semua adonan seperti roti, pastry, atau kue. Namun kata pasta merujuk pada makanan yang direbus kemudian dimasak dengan saus tertentu. Pasta seperti itu di Italia sendiri disebut pastasciutta.

Pasta umumnya memiliki adonan yang sama, tetapi dibentuk berbeda-beda. Di Italia terdapat lebih dari 650 jenis pasta dan hampir setiap tahun ada bentuk baru. Jika Anda penggemar pasta, tidak ada salahnya mengetahui beberapa di antaranya.

  1. Spageti

Spageti adalah pasta yang berbentuk tabung yang ramping dan panjang. Cara memakannya bervariasi tetapi yang sangat terkenal adalah spageti ala bolognese yaitu dengan saus daging cincang lalu ditaburi keju parmesan parut.

  1. Vermicelli

Pasta ini mirip dengan spageti, hanya saja vermicelli berukuran lebih kecil dan pendek. Pasta ini sering diolah bersama hidangan laut dan bisa juga dijadikan isi sup. Vermicelli merupakan salah satu pasta tradisional Italia.

  1. Fettucine

Fettuccine adalah pasta berbentuk pita dengan lebar kira-kira 6,5 milimeter. Fettuccine yang dalam bahasa Italia berarti “pita kecil” adalah jenis pasta yang populer di masakan Romawi.

  1. Lasagna

Lasagna berbentuk lembaran tipis dengan panjang sekitar 27 sentimeter dan lebar 5 cm yang diberi isi dan disusun sampai 7 lapis. Lasagna sendiri secara harfiah adalah lasagne yang berisikan daging. Selain daging bisa juga diisi sayur-sayuran, ayam, makanan laut dan sebagainya.

  1. Fusilli

Fusilli merupakan salah satu pasta yang bentuknya spiral. Fusilli sendiri dapat dihidangkan dengan bahan lainnya seperti daging ayam, daging sapi, sayur-sayuran, dan sebagainya.

  1. Cavatelli

Cavatelli yang umum adalah pasta kerang kecil yang terlihat seperti miniatur roti hotdog. Cavatelli juga dikenal dengan nama orecchie.

  1. Ravioli

Ravioli adalah jenis masakan tradisional Italia yang bentuknya seperti pastel. Caranya, mengisi antara dua lapisan tipis adonan pasta dan disajikan baik dalam kaldu atau dengan saus pasta.

  1. Penne

Penne adalah jenis pasta berbentuk silinder dan pendek-pendek. Penne berasal dari bahasa Latin penna, yang berarti “bulu” atau “pena”.

  1. Macaroni

Macaroni adalah pasta kering yang dibuat dengan gandum durum. Macaroni bisa berbentuk lurus atau melengkung

  1. Farfalle

Farfalle adalah jenis pasta yang disebut “kupu-kupu pasta”. Sebutan ini karena bentuknya mirip kupu-kupu dengan ujung bergerigi. Pada awal kemunculannya, farfalle memiliki beberapa ukuran tapi tetap berbentuk dasi.

Referensi :

https://lifestyle.liputan6.com/read/2535845/jangan-sampai-salah-kenali-jenis-jenis-pasta-ini

https://lifestyle.liputan6.com/read/2535845/jangan-sampai-salah-kenali-jenis-jenis-pasta-ini

 

Author : Garry Joseph – Aslab Perhotelan 2017

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

1 Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>