Programmable Logic Control (PLC)

Programmable Logic Control (PLC)

Hey, berjumpa lagi dengan FIT Laboratory website, disini kita bakalan ngebahas tentang PLC yang merupakan salah satu fasilitas yang tersedia di laboratorium FIT tepatnya di laboratorium MikroPLC (E4).

Apa sih PLC itu?

PLC (Programmable Logic Control) adalah sebuah rangkaian elektronik yang dapat mengerjakan berbagai fungsi-fungsi kontrol pada level-level yang kompleks. PLC dapat diprogram, dikontrol, dan dioperasikan oleh operator dengan garis dan peralatan pada suatu diagram ladder. Hasil dari gambar tersebut pada komputer menggambarkan hubungan yang diperlukan untuk suatu proses. Selain itu, PLC juga merupakan suatu sistem eletronika yang digunakan untuk mengendalikan mesin dengan proses fungsi nalar kendali sekuensial, operasi pewaktuan (timing), pencacahan (counting), dan aritmatika.

PLC pada awalnya digunakan sebagai alat elektronik pengganti panel relay. Pada saat itu, PLC hanya bekerja untuk kondisi ON-OFF untuk pengendalian motor, solenoid, dan aktuator. Pada tahun 1980, PLC mulai banyak digunakan. Selain sebagai pengendali motor, solenoid dan actuator, PLC juga digunakan sebagai system otomatisasi building dan sistem kontrol keamanan.

Di laboratorium MikroPLC, perangkat yang digunakan untuk praktikum PLC yaitu EasyPort, PC, dan CPX-CEC-C1. Pada praktikum PLC ini tidak hanya menggunakan hardware saja melainkan menggunakan software juga seperti EasyVeep dan CodeSys.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *