Rapat Koordinasi antara Asisten Laboratorium Komputer dengan Koordinator Asisten Praktikum FIT

 

Fakultas Ilmu Terapan, Universitas Telkom – Asisten Praktikum merupakan salah satu penunjang keberlangsungan kegiatan perkuliahan di sebuah institusi terutama dalam kegiatan praktikum. Fakultas Ilmu Terapan (FIT) mempunyai sejumlah asisten praktikum yang terbentuk dari berbagai macam prodi dan latar belakang keahlian. Contohnya, untuk mata kuliah Arsitektur Sistem Komputer, asisten yang terbentuk merupakan mahasiswa dari prodi yang berbeda-beda. Hampir seluruh kegiatan praktikum di lingkungan FIT dilakukan di ruang laboratorium baik laboratorium komputer, laboratorium hardware, laboratorium jaringan dan ruang laboratorium lainnya. Oleh karena itu perlu adanya kerja sama yang baik antara asisten praktikum dengan asisten laboratorium. Untuk mempermudah kerja sama yang baik tersebut, pihak asisten laboratorium telah membuat sebuah grup pada media sosial yang fungsinya sebagai media komunikasi lebih lanjut antara para Koordinator Asisten Praktikum dengan para Asisten Laboratorium Komputer FIT.

Pada hari Sabtu, 12 November 2016 dari pihak Asisten Laboratorium Komputer telah mengadakan Rapat Koordinasi yang dihadiri oleh para Koordinator Asisten Praktikum dan Asisten Laboratorium Komputer serta dua orang Laboran yaitu Bapak Aryadi Saputra, Amd.T. dan Ibu Yunita Khumaeroh, Amd. yang bertugas untuk mengawasi jalannya Rapat Koordinasi tersebut.

img_6604
Rapat Koordinasi antara Asisten Laboratorium Komputer dengan Para Koordinator Asisten Praktikum FIT Untuk Terciptanya Kerja Sama yang Baik.

“Ini adalah momentum untuk menyampaikan ide-ide hingga keluhan-keluhan dari para Asisten Praktikum terkait tentang Laboratorium yang dipakai untuk kegiatan praktikum maupun permasalahan seputar kinerja dari para Asisten Praktikum yang di bawah tanggung jawab kalian. Pada pertemuan ini juga kita sama-sama memberikan saran dan komentarnya seputar laboratorium agar baik laboratorium yang dipakai dan kegiatan praktikum yang dilakukan dapat menjadi lebih baik.”, kata Laily Anggraini, salah satu dari Asisten Laboratorium yang menjadi penanggung jawab dari Rapat Koordinasi tersebut.

img_6597
Laily Anggraini (orang pertama dari kiri), Penanggung Jawab Acara Rapat Koordinasi antara Asisten Laboratorium dengan Para Koordinator Asisten Praktikum.

Rapat Koordinasi yang diadakan di ruang B4 yaitu Enterprise Resource Planning Laboratory itu berlangsung dengan santai namun serius. Rapat tersebut dipimpin langsung oleh Koordinator Asisten Laboratorium Komputer, Mochammad Isfan Fajar. Adapun hal-hal yang dibahas pada rapat tersebut adalah sebagai berikut.

  1. Kebersihan dan Kerapian Ruang Laboratorium. Pada poin ini didiskusikan terkait kebersihan dan kerapian ruang laboratorium komputer sebelum dan sesudah pemakaian. Hal ini dikarenakan masalah kebersihan masih menjadi masalah yang paling sering terjadi di laboratorium komputer, mulai dari sampah jajanan, bungkus saus, kotak gorengan, botol minuman, kertas, tisu dan lain-lain. Pada poin ini juga dijelaskan akan tingkah laku pengguna laboratorium yang sering lalai seperti meninggalkan barang pribadinya di dalam ruang laboratorium. Banyak barang pribadi pengguna laboratorium yang sudah ditemukan oleh para Asisten Laboratorium seperti binder, kotak kaca mata, alat tulis, flash disk, wireless mouse, charger laptop dan handphone, hingga pernah ada yang lalai meninggalkan laptopnya di ruang laboratorium.
  2. Pembahasan Kinerja dan Keaktifan Anggota Asisten Praktikum. Pada poin ini didiskusikan bagaiamana kinerja dan keaktifan para anggota Asisten Praktikum. Dari para Koordinator sendiri merespon bahwa memang masih ada masalah dalam hal tersebut. Karena tidak semua Asisten Praktikum yang terdaftar menjalankan amanahnya sesuai prosedur.
  3. Sharing Terkait Penggunaan Laboratorium Komputer. Pada poin ini para peserta rapat membahas terkait komplain-komplain yang terjadi ketika kegiatan praktikum dilaksanakan. Baik itu dari segi kualitas pelayanannya, kualitas perangkat komputernya, hingga kualitas salah satu  layanan web yang ada di prodi D3 Teknik Informatika yang disebut Implus.
  4. Saran dan Komentar akan Laboratorium Komputer. Pada sesi ini lebih ditekankan bagaimana saran dari para Koordinator Asisten Praktikum kepada Laboratorium FIT dengan tujuan menjadikan kegiatan perkuliahan/praktikum di ruang laboratorium dapat menjadi lebih baik.

Harapannya dari acara Rapat Koordinasi ini adalah agar para Asisten Laboratorium dan para Asisten Praktikum dapat bekerja sama dengan baik dan lebih mudah untuk saling berkomunikasi dan berbagi.

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>