Seni Ini Bisa Membuat Makanan Terkesan Mahal & Mewah Loh..

Plating art adalah seni mendekorasi makanan pada suatu plate atau wadah sebagai pemberi visual yang baik dan menarik, plating art sendiri sudah banyak digunakan oleh semua juru masak agar memberikan kesan mahal atau bisa juga menambah selera makan bagi tamu yang membeli makan.

Adapun beberapa teknik yang digunakan dalam melakukan plating art, yaitu:

  1. Classical plating adalah dasar food plating untuk makanan yang terdiri dari sajian utama, sayuran, dan starch seperti french fries, mashed potato dan lain sebagainya. Teknik ini di gunakan mengibaratkan penempatan seperti pada jam dinding yaitu misalkan sayuran terdapat antara jam 9 sampai 12 lalu mashed potato disimpan di antara jam 12 sampai 3 lalu main menu atau menu utamanya di simpan antara jam 3 sampai 9 berikut contoh visual:
  2. Saucing adalah proses pemberian saus (puree) yang diatur sebagai ornamen dari segi bentuk maupun pewarnaan. Tidak hanya dapat menambah rasa pada makanan, saucing juga penting untuk mempercantik tampilan sajian pada piring makanan dengan teknik-teknik seperti brushed, droplets, lines, dan lain sebagainya. Berikut contoh visual:
  3. Garnishing merupakan teknik pemberian hiasan berupa bahan makanan yang dapat melengkapi makanan utama untuk menambahkan selera makan seseorang. Berikut contoh visual:

By : Niki Sakti Saestu – Kitchen Laboratory Assistant

Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

View posts by Unit Laboratorium Fakultas Ilmu Terapan

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <s> <strike> <strong>